Manado Siaga 112 Didapuk Jadi Layanan Call Center Terbaik Dunia 2018

Manado Siaga 112, Contact Center World, Best Emergency Service Center in the World 2018, CCW Award 2018, Mor BastiaanMANADO, (manadotoday.co.id) – Kota Manado berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia, setelah Call Center Manado Siaga 112 milik Pemkot Manado yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), mendapatkan ranking 1 atau Gold Medal Category Best Emergency Service Center in the World 2018, dalam sebuah kegiatan yang digelar oleh Contact Center World (CCW) di Praha, Republik Ceko, Jumat (9/11/2018).

“Puji Syukur kepada Tuhan YME, Setelah mendapat Rangking 1 Region Asia Pasific di Macau waktu yang lalu, kini Pemerintah Kota Manado juga mendapatkan Ranking 1 di tingkat dunia (Gold Medal Category Best Emergency Service Center in the World 2018) yang di selenggarakan oleh Contact Center World (CCW) di Praha, Republik Ceko,”tulis Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan dalam akun Facebook-nya.

call center 112Lanjut Wawali, kegiatan ini tidak hanya berfokus pada lombanya saja, tetapi bagaimana setiap peserta dari perwakilan masing-masing bisa memberikan presentasi dan saling berbagi tips serta pengalaman di bidang pelayanan publik, sehingga setiap peserta mendapatkan informasi dan teknologi terbaru untuk dibawa pulang ke negaranya masing masing.

“Maka dari itu, kegiatan ini tidak terbatas pada pemerintahan saja, tapi juga seluruh institusi BUMN, BUMD dan perusahaaan-perusaha­an swasta yang memiliki layanan contact center.”jelas Wawali Mor.

(foto: Facebook)Khusus Pemerintah Kota Manado, dengan mengikuti kegiatan ini maka sudah terdaftar sebagai Member The Global Association for Contact Center & Customer Engagement Best Practices (ContacCenterWorld.co­m), yang beranggotakan lebih dari 200 ribu anggota di 200 negara berbeda.

“Dengan menjadi Anggota CCW ini banyak benefit yang bisa kita dapatkan, selain yang seperti kita dapatkan di atas, diantaranya yang paling penting adalah selalu ada informasi-informasi baru terkait Contact Center yang akan dikirimkan secara regular serta terbukanya jaringan internasional Pemerintah Kota Manado.”tukasnya.

Dia pun berharap, penghargaan ini akan semakin memacu kinerja Pemerintah Kota Manado untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Manado.

“Terima kasih juga buat Wali Kota Manado (GS Vicky Lumentut) yang selalu memberikan arahan dan support untuk peningkatan pelayanan Manado Siaga 112 di Cerdas Command Center.”pungkas Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan.

cerdas command centerDiketahui, sejak dilaunching pada 6 Desember 2017, Call Center Manado Siaga112, mendapat perhatian serius komunitas CCW. Ujung-ujungnya, CCW memberikan penghargaan sebagai layanan terbaik di kawasan Asia Pacifik, dan diserahkan perwakilan CCW di Indonesia Grace Heny, di Oakwood Premier Cozmo, Jakarta, pada tanggal 14 April 2018. Bahkan, Kota Manado mendapat kesempatan menjadi finalis berbagi Studi Kasus Manado Siaga112 di Macau, 16-20 Juli 2018 dan diikutsertakan dalam penilaian CCW tingkat internasional di Praha. Layanan Call Center Manado Siaga112 merupakan inisiatif Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia sejak tahun 2016 lalu dan dikelola oleh  Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkot Manado.(ryan)