Uji Coba Tilang CCTV di Kota Manado Dimulai Desember 2018

Reporter : | 07 Nov, 2018 - 12:46 pm WITA

 

Heintje Lombone

Heintje Lombone

MANADO, (manadotoday.co.id) – Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau e-Tilang, penerapannya akan mulai tahap uji coba pada bulan Desember tahun 2018 ini dan akan diberlakukan secara penuh per 1 Januari 2019. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kota Manado Erwin Kontu, melalui Kepala Bidang Bidang Aplikasi dan Informatika Heintje Lombone.

Menurutnya, dalam uji coba nanti akan dipilih tiga lokasi, yaitu Patung Kuda Pall Dua, Lampu Merah Teling dan yang ketiga masih akan dibicarakan dengan pihak Polda Sulut.

“Karena untuk penerapan ini, yang paling menentukan adalah kualitas CCTV. Dari pantauan Polda saat survei kemarin bersama Dirlantas Polda dan Polresta Manado, dua lokasi tersebut dinilai paling memenuhi syarat untuk pilot project ini,”jelas Lombone.

Selain itu, dua titik yang telah disepakati itu akan dilakukan perbaikan dengan setiap empat sudut perempatan akan dipasang CCTV.

“CCTV yang dipakai juga harus yang high quality, harus yang memiliki kemampuan analitik dalam artian CCTV itu ketika melihat adanya pelanggaran, dia menganalisa dan langsung mengirimkan notifikasi ke Polda dan Cerdas Command Center (C3) di kantor Wali Kota Manado,”tutur Lombone.

Lanjutnya, jika sukses, penerapan e-Tilang di Kota Manado akan menjadi yang kedua di Indonesia.

“Yang pertama itu sudah diterapkan oleh Polda Metro Jaya Jakarta,”tandas Heintje Lombone.(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment