CPNS Banyak Gugur, James Sumendap: Standar Passing Grade di Sulut Terlalu Tinggi

Reporter : | 06 Nov, 2018 - 10:40 pm WITA

CPNS sulut 2018, CPNS minahasa tenggara 2018, james sumendap

James Sumendap

RATAHAN, (manadotoday.co.id) -­ Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, menyayangkan sikap KemenPan-RB, dalam memberikan standar passing grade kepada para pelamar CPNS di Sulut.

“Untuk nilai passing grade di Sulut terlalu tinggi, ya, memang mungkin Kemenpan-RB harus menurunkan standar nilai lagi. Karena fenomena inikan bukan hanya di Mitra saja tapi di seluruh Indonesia,”kata Sumendap saat wawancarai, Selasa, (6/11/2018).

Lanjut kata Bupati, kedepan format dari Kemenpan-RB harus dirubah laig sehingga passing gradenya diturunkan.

“Dan saya punya keyakinan mungkin saja dari sekian ratusan ribu yang diterima di Indonesia ini mungkin hanya sampai 10 sampai 15 persen. Dan untuk Mitra baru 11 orang yang mencapai passing grade dari total 1.653 pelamar yang merebut 208 formasi yang ada di Mitra, jadi di Mitra baru lima persen” jelas Bupati.

Bupati juga menuturkan, dirinya akan lakukan upaya-upaya ke Menpan-RB, agar calon CPNS yang tidak lulus passing grade bisa diakomodir, untuk mengisi formasi yang ada.

“Kita akan berupaya, tapi kita juga masih menunggu petunjuk dari gubernur karena ini mungkin juga dari Kemenpan-RB akan evaluasi terkait standarisasi dan hasil nilai yang dicapai peserta CNPS ini.” tuturnya.

Ditambahkan Sumendap, dalam penerimaan pegawai negeri bukan lagi kemampuan dasar yang diutamakan, tapi lebih ke moral, karena menjadi seorang abdi negara bukan hanya passing grade-nya tinggi.

“Tapi juga melihat kearifan lokal yang mengarah kepada kualitas, integritas seseorang yang akan menjadi abdi negara.” tutupnya.(ten)

Baca Juga :

1 comment

  1. Lidya Viany Natary mengatakan:

    ya saya sependapat dengan bpk.Bupati Minahasa Tenggara.semoga yang tidak lulus passing grade di kabupaten minahasa tenggara bisa diakomodir untuk mengisi formasi yang ada.Karena hanya 11 orang yang lulus ujian skd.sedangkan ada beberapa formasi yang membutuhkan ASN di minahasa Tenggara.di isi dengan apakah kekosongan itu?
    saya sangat berharap bpk.Bupati dapat bertindak dengan bijak,Dan dapat mempertahankan pendapatnya.
    Terimakasih.

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.