Bupati Minahasa: Danau Tondano Simpan Sejuta Potensi, Makanya Jadi Fokus Pemerintah

Reporter : | 05 Nov, 2018 - 10:54 pm WITA

DPRD Minahasa ,  HUT Minahasa ke-590 tahun ,  Danau Tondano, potensi  Danau TondanoTONDANO, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar Rapat Paripurna DPRD Minahasa dalam rangka merayakan HUT Minahasa ke-590 tahun bertempat di Wale NeTou Minahasa, Tondano, Senin (5/11/2018).

Bupati Royke O Roring (ROR), dalam sambutannya mengatakan Danau Tondano menyimpan sejuta potensi, makanya menjadi salah satu fokus pemerintah saat ini. Danau Tondano harus dikembangkan sebab itu akan berimbas pada berbagai sektor, diantaranya sektor pariwisata, perikanan dan lainnya.

“Saat ini Danau Tondano terus alami pendangkalan dan penyempitan danau. Makanya persoalan Danau Tondano menjadi fokus kami, mengingat juga Danau Tondano masuk dalam 15 danau prioritas yang masuk RPJM Nasional,” ujar Bupati.

Karena itu, kedepan kata Bupati akan dibuat Peraturan Daerah (Perda) Zonasi Danau, dengan tujuan agar pemerintah memiliki pijakan dalam mengambil kebijakan dalam penyelamatan Danau Tondano.

Lanjutnya, tahun 2019 diperhadapkan pada Pemilu, dan tahapan ini sementara dimulai, karena itu Bupati mengajak masyarakat Minahasa untuk jaga persatuan dan persaudaraan.

Sementara Wakil Gubernur Sulut Drs Steven O Kandouw, mengatakan kiranya momentum ini akan menjadi kontemplasi untuk Minahasa yang lebih baik.

“Harus ada evaluasi perihal perihal apa yang perlu ditingkatkan supaya program bisa terarah dan terealisasi dengan baik. Dan yang terpenting adalah memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Kandouw.

Hadiri dalam paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Minahasa James Rawung didampingi Wakil Ketua Ivone Andries dan Ventje Mawuntu tersebut, Wakil Bupati Robby Dondokambey, sejumlah pimpinan daerah Kabupaten/ Kota se-Sulut, Forkompinda dan Legislator Minahasa, Sekdakab bersama jajarannya serta Pimpinan TP-PKK maupun Dharma Wanita serta para undangan dan ASN. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment