Sambut HUT ke-590, Pemkab Minahasa Gelar Lomba Pacuan Kuda

Lomba Pacuan Kuda, Lomba Pacuan Kuda minahasa, hut minahasa ke-590,TOMPASO, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka memperingati HUT Minahasa ke-590, Pemkab Minahasa menggelar lomba Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper memperebutkan Piala Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Tahun 2018, di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa, Tompaso, Sabtu, (3/11/2018)

Ketua Panitia Penyelenggara DR. Denny Mangala, MSi, saat membacakan laporan menjelaskan kejuaraan ini mempertandingkan kuda pacu dalam 10 kelas, roda sapi 7 kelas, bendi kalaper 3 kelas. Kuda pacu yang ikut dalam kejuaraan ini sebanyak 77 ekor, Roda Sapi sebanyak 50 ekor dan Kuda Kalaper sebanyak 14 ekor. Daerah yang ikut serta dalam kejuaraan berkuda ini sebanyak 12 daerah.

Sementara itu, Bupati Minahasa, dalam sambutannya mengaku sangat bersyukur karena Kejuaraan Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper boleh digelar oleh Kabupaten Minahasa.

“Selaku Bupati Minahasa sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada panitia pelaksana atas pelaksanaan lomba ini yang bertepatan dengan Hari Jadi Minahasa ke-590,” ujar Roring.

Pacuan Kuda bukanlah olahraga yang asing bagi masyarakat Minahasa, ini malah telah menjadi bagian dari sejarah perkembangan daerah Minahasa. Untuk itu, sangat tepat, apabila kejuaraan ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Jadi Minahasa, karena dari historis perkembangan daerah, Pacuan Kuda, Pacuan Roda Sapi dan Bendi Kalaper selain telah menjadi hiburan bagi masyarakat juga sebagai alat bantu dalam melaksanakan pekerjaan maupun aktivitas ekonomi sehari-hari.

“Kiranya Lomba Pacuan Kuda ini dapat meningkatkan prestasi olahraga berkuda Minahasa dan Sulawesi Utara di event nasional maupun internasional. Selain itu, Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper juga diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi perkembangan pariwisata daerah,” tuturnya.

“Saya berkeyakinan, kedepannya olahraga ini akan berdampak positif bagi kemajuan masyarakat dan daerah terutama dapat menghasilkan bibit – bibit unggul yang bermuara pada prestasi serta menjadi kebanggaan kita semua. Selamat bertanding, selamat berlomba, Tuhan memberkati,” tukas Bupati.

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung SH, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang, SIK, Mewakili dari Kodam Letkol Inf. Ketut Sodana, Ketua Pengprov Pordasi Sulut Ferry Wowor, Kadispora Provinsi Sulut Marcel Sendoh, SH, MSi, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulut Refly Ngantung, SP, Kaban Kesbangpol Sulut Drs. Mecky Onibala, MSi, Pimpinan BRI Cabang Tondano, Pimpinan Bank SulutGo cabang Tondano, jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, peserta dan penonton.(rom)