Workshop Penguatan SAKIP Digelar Pemkot Bitung

Reporter : | 29 Okt, 2018 - 11:38 am WITA

44a2fca1c891f0585ac71ff4977213cf.0BITUNG, (manadotoday.co.id) – Pengukuran capaian dan pelaporan kinerja menuntut organisasi agar dapat mempertanggung jawabkan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi kinerja.

“Asas akuntabilitas yang mendasari pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan penyelengaraan pemerintaha, baik level daerah maupun negara,” kata Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan saat membuka Workshop Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, di Hotel Peninsula Manado, Sabtu (27/10/2018).

Pangemanan berharap kegiatan Workshop ini dapat di ikuti dengan baik, sehingga sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang menyaratkan sinergi dalam pelaksanaan peraturan perundang-undangan mengenai sistem akuntabilitas kinerja dapat kita laksanakan.

Lanjutnya lagi, seiring dinamika penyelengaraan pemerintahan, organisasi pemerintahan saat ini tidak bisa lagi hanya berfokus pada seberapa besar anggaran yang diserap, kinerja tidak hanya diukur dari besaran keluaran atau output yang dihasilkan, tetapi seberapa besar manfaat atau outcome dari anggaran dan pelaksanaan tupoksi yang benar-benar dirasakan masyarakat.

“Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan penerapan sistem akuntabilitas kinerja yang baik dimulai dari tahap perencanaan pengelolaan dan pelaksanaan monitoring serta evaluasi program kerja pemerintahan pembangunan dan pelayanan masyarakat pada level nasional,” pungkas Pangemanan.

Turut hadir, Arif Lukman SKom selaku Analisis monitoring evaluasi dan pelaporan, Asisten I dan III Setda Kota Bitung serta kepala Perangkat Daerah yang terundang.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.