ROR-RD Fokus Penyelamatan Danau Tondano

Reporter : | 25 Okt, 2018 - 10:47 pm WITA

Danau Tondano,  Ir Royke O Roring M.Si , Robby DondokambeyTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring M.Si memimpin Rapat Dinas Penyusunan Pengelolaan Danau Tondano, di ruang sidang kantor Bupati Minahasa, Kamis (25/10/2018).

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jefry R Korengkeng SH MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan DR. S.W Siagian MA, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir. Alva Montong, dan seluruh instansi terkait.

Dalam rapat ini Bupati menyampaikan bahwa Danau Tondano memiliki beberapa permasalahan yaitu pendangkalan danau, penyempitan danau dan kualitas air danau. Tahun 1939 kedalaman danau 43 m dengan luas danau kurang lebih 5.600 Ha. Kemudian di tahun 2015 kedalaman danau tinggal 14 m dengan luas danau kurang lebih 3.925 Ha.

“Kedepannya pemerintah harus menjalankan rencana pengelolaan danau,” ujar Bupati.

Roring mengatakan bahwa sebelumnya sudah dilakukan upaya-upaya pelestarian Danau Tondano sehingga kita harus perkuat upaya ini dengan berbagai komitmen. Danau Tondano ini merupakan sumber hidup dari sebagian masyrakat yang tinggal di pesisir Danau Tondano.

“Sebagai masyarakat Minahasa kita harus bersyukur karena Danau Tondano ini merpakan salah satu danau yang ada di Indonesia yang menjadi pusat perhatian pemerintah pusat,” tutur Bupati. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.