Bupati Minahasa Minta Jangan Ada Warga yang Diabaikan Dalam Pelayanan BPJS

BPJS, BPJS minahasa, Royke Octavian Roring,TONDANO, (manadotoday.co.id) – Untuk pemantapan pelayanan BPJS Kesehatan di Kabupaten Minahasa, Pemkab dan BPJS Tondano menggelar Rapat Koordinasi, pada Rabu (24/10/2018) di ruang sidang kantor Bupati Minahasa.

Hadir dalam rapat itu Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring, MSi, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, SSi, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa J. R Korengkeng , SH, MSi, Kepala Disdukcapil Drs. Riviva Maringka, MSi, Kepala Dinas Kesehatan dr. Yuliana A.D Kaunang, M.Kes, Kepala Dinas Sosial Royke T Kaloh, SH, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Dony Jembar Saifudin serta para camat, lurah, dan hukum tua se-Kabupaten Minahasa.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Bupati Minahasa mengevaluasi pelaksanaan Program UHC /Jaminan Kesehatan Daerah sejak diluncurkan pada tanggal 1 Oktober 2018, program tersebut banyak dikeluhkan masyarakat karena ada kendala-kendala teknis di lapangan sehingga ada masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan dari pihak BPJS, rumah sakit maupun fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu Puskesmas atau pun dokter yang ditunjuk.

“Saya minta supaya data penerima Jamkesda dapat dimutahirkan setiap bulan atau secara berkala karena dalam setiap bulan ada penduduk yang lahir, mati maupun pindah sehingga data base kependudukan berubah jangan sampai ada yang baru lahir tidak ter-cover dan yang sudah mati masih ter-cover,”pinta Bupati.

Bupati menegaskan pula kepada dinas terkait yakni Disdukcapil, Dinsos, Diskes harus saling koordinasi dan untuk para camat, lurah dan hukum tua agar lebih proaktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga tidak ada masyarakat yang terabaikan.

“Semua wajib dilayani dan jangan ada satupun yang diabaikan,”‘tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Minahasa menambahkan agar para camat harus mengevaluasi kembali kartu-kartu BPJS Kesehatan yang telah dibagikan agar manfaatnya bisa dirasakan oleh penduduk Minahasa yang membutuhkan. (rom)