Pemkab Minahasa Gelar Rapat Penyusunan Renstra Setda Tahun 2018-2023

Reporter : | 23 Okt, 2018 - 10:52 pm WITA

Renstra Setda Tahun 2018-2023, Renstra Setda minahasa, TONDANO, (manadotoday.co.id) – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Minahasa, menggelar rapat Penyusunan Rencana Strategi (Renstra) Sekretariat Daerah Tahun 2018-2023, Selasa, (23/10/2018) di ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Rapat dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa DR. Sihar W. Siagian, MA, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Philip Siwi, SE, serta seluruh kabag, kasubag dan staf pelaksana di tiap bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa.

Bupati Minahasa dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, menyampaikan Penyusunan Renstra Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa tahun 2018-2023 adalah satu kegiatan yang berada dibingkai besar penyusunan dokumen perencanaan daerah lima tahunan, yang kita kenal dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagaimana tertuang dalam peraturan menteri dalam negeri no. 86 tahun 2017, maka Pemerintah Kabupaten Minahasa harus menyiapkan RPJMD sebagai penjabaran dari visi, misi dan program bupati dan wakil bupati minahasa.

Penjabaran visi, misi dan program tersebut tidak berdiri sendiri karena terdapat salah satu tahapan yakni perangkat daerah harus menyiapkan rancangan awal renstra.

“Renstra merupakan suatu yang penting dalam penyusunan RPJMD. Dengan demikian harus ada konsistensi antara Renstra Setda dan RPJMD kabupaten Minahasa sehingga dapat bersinergi dalam berkontribusi bagi pencapaian visi, misi dan program Bupati dan Wakil Bupati untuk lima tahun kedepan,” ujarnya.

Renstra Setda Kabupaten Minahasa merupakan instrumen awal untuk mengukur kinerja di setiap bagian baik terkait pencapaian awal guna menciptakan suatu tujuan maupun sasaran yang telah ditetapkan.

Diharapkan peran serta dari para kepala bagian serta para kasubag yang ada di lingkup Setda Kabupaten Minahasa dalam penyusunan rancangan awal Renstra karena terdapat data-data yang melekat pada bagian-bagian,”pungkas Siagian. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.