Wabup RD Pimpin Kontingen Minahasa Dalam Temu Karya Nasional TTG dan PINDeskel

PINDesKel 2018, Pekan Inovasi Perkembangan Desa, Robby Dondokambey, BALI, (manadotoday.co.id) – Pemkab Minahasa turut mengambil bagian dalam Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) Tahun 2018, yang digelar di Garuda Wisnu Kencana, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jumat, (19/10/2018).

Kegiatan ini dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi. Kehadiran Jokowi yang mengenakan udeng, ikat kepala khas Bali, disambut meriah dengan tarian khas Bali.

Presiden menyampaikan dana desa akan ditambah dan akan dibuat aturan mengenai dana operasional desa kurang lebih 5% dari dana desa, serta nanti akan direalisasikan mengenai dana kelurahan.

Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Ditjen Bina Pemerintahan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa PDTT. Tujuan kegiatan ini untuk mencari kreator dan inovator di daerah dalam pengembangan teknologi.

Hadir dalam acara ini Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo, Gubernur Bali I Wayan Koster, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara Ir. Ritha Maya Dondokambey-Tamuntua­n, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, SSi, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong­, Ketua DWP Kabupaten Minahasa Seeve Korengkeng-Warouw dan beberapa kepala daerah dan pimpinan legislatif dari berbagai daerah Indonesia.

Sementara untuk peserta dari Kabupaten Minahasa adalah para kepala desa yang desanya mendapat juara tingkat kabupaten beserta camat. Diantaranya Camat Tondano Selatan, Camat Tompaso Barat, Hukum Tua Tompaso Barat, Tonsewer, Tonsewer Selatan, Pinabetengan Utara, Tompaso Dua Utara, Pinabetengan, serta Kepala Dinas PMD Kabupaten Minahasa Jeffry Sajow, SH,

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan peninjauan stand provinsi Sulawesi Utara. (rom)