Bupati ROR Jajal Kerjasama Dengan Sejumlah Negara untuk Program Sister City

Reporter : | 17 Okt, 2018 - 3:48 pm WITA

b9699516175160f49a00e9e487aac28d.0TOKYO, (manadotoday.co.id) – Bupati Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR), terus menunjukkan keseriusannya untuk membangun Minahasa. Buktinya, di sela-sela pelaksanaan Konferensi Danau Se-Dunia yang berlangsung di Jepang, bupati menyempatkan waktu menemui sejumlah pihak berkompeten dalam rangka membahas kerjasama Sister City.

Hal itu dilakukan Roring saat mengunjungi Ministry of Foreign Affair of Japan (MOFA) atau kantor Kementerian Luar Negeri yang berlokasi di Kota Tokyo, Jepang, Selasa (16/10/2018) kemarin. Bupati melakukan pertemuan bersama sejumlah tokoh penting diantaranya Director Second Southeast Asia Division (Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Timor Leste) Mr. Shingo Miyamoto, Deputy Director Mr Moyatsu Tanaka, Prof Dr Bambang Rudyanto dari WAKO University dan Hiromi Seto dari PCI di Jepang.

“Kita membahas soal danau dan kerjasama sister city karena saya kira itu akan membawa dampak positif. Untuk itu kita berencana menjalin kerjasama ini yang nantinya diharapkan akan membantu fungsi pemerintah dalam membina pemerintah daerah dan masyarakat untuk turut serta secara aktif dalam pembangunan,” papar Bupati menjelaskan inti pertemuan tersebut.

Kerjasama sister city, lanjut dia, merupakan persetujuan antara dua kota atau daerah, negara bagian atau prefektur yang memiliki satu atau lebih kemiripan karakteristik. Dimana dua daerah tersebut terdapat pada dua daerah atau negara yang berbeda.

“Maksudnya kemiripan soal budaya, latar belakang sejarah atau jika dilihat dari segi geografis kedua daerah sama-sama sebagai daerah sentra pertanian, pantai atau daerah kepulauan. Pada intinya kerjasama diarahkan untuk penyelenggaraan hubungan yang bermanfaat dan saling menguntungkan antar dua daerah,” jelas Bupati.

Dia mencontohkan, kerjasama dapat dilakukan di sektor-sektor tertentu yang punya kemiripan, termasuk kerjasama di bidang tenaga kerja.

“Selain itu kita bisa lakukan kerja sama di bidang pertanian atau pariwisata dengan salah satu kota di Jepang. Dengan demikian akan tercipta hubungan yang saling membangun dan masyarakat akan menikmati manfaatnya nanti,” tandas Bupati.

Sementara dalam kunjungan kerjanya di negara Jepang, selain menghadiri Konferensi Danau Se-Dunia dan pembahasan kerjasama Sister City, Bupati juga menjadwalkan pertemuan dengan warga Minahasa yang berada di Kota Oarai. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment