Dispersip Kota Manado Gelar Bimtek Kearsipan

Reporter : | 09 Okt, 2018 - 9:55 pm WITA

Kepala Dispersip Kota Manado Drs. Refli Mamusung

Kepala Dispersip Kota Manado Drs. Refli Mamusung

MANADO, (manadotoday.co.id) – Menyadari pentingnya arsip dalam proses pemerintahan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Manado, menggelar Bimtek Kearsipan, di aula serba guna kantor Wali Kota Manado, Selasa (9/10/2018).

Menurut Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado Drs. Refli Mamusung, para peserta dalam Bimtek ini diajarkan bagaimana cara mengelola arsip dengan baik.

“Kegiatan ini digelar agar para peserta yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD, Ormas dan Partai Politik (Parpol), dapat mengelola arsip dilingkungan kerjanya masing-masing sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan serta perundang-undangan yang berlaku khususnya UU no 43 tahun 2009 tentang kearsipan,”jelas Mamusung.

Mamusung mengatakan, salah satu hal yang diajarkan dalam Bimtek ini adalah pengolahan arsip dinamis.

“Arsip dinamis adalah arsip yang sementara digunakan dalam proses pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan,”tambahnya.

Dia pun berharap lewat Bimtek ini, pembuatan naskah dinas, pengurusan surat-surat, serta penataan, penyimpanan dan penggunaan arsip, bisa terlaksana sesuai dengan aturan dan kaidah-kaidah kearsipan.

“Apalagi, banyak dari kita mempunyai mindset bahwa arsip itu tidak terlalu penting, karena itu, lewat Bimtek ini kami mengajak seluruh OPD, BUMD dan Ormas untuk lebih konsen lagi dengan arsip,”tandas Kepala Dispersip Kota Manado Drs. Refli Mamusung, sembari menambahkan bahwa Bimtek Kearsipan ini akan digelar selama dua hari, hari ini dan besok Rabu (10/10).(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment