Selain Bantuan Makanan, Pemkab Mitra Juga Kirim Tim Kemanusiaan ke Sulawesi Tengah

Reporter : | 09 Okt, 2018 - 8:46 pm WITA

Sulawesi Tengah, bencana Sulawesi Tengah, tsunami palu, Joke Legi, james sumendapRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Pemkab Mitra), mengkirim
relawan dan bantuan kemanusiaan ke Sulawesi Tengah yang belum lama ini diterpa bencana tsunami dan gempa bumi.

“Kami mengirim tim dan bantuan kemanusiaan khususnya ke Kabupaten Sigi yang terdampak bencana,” kata Wakil Bupati Joke Legi didampingi Koordinator Tim Kemanusiaan Kabupaten Minahasa Tenggara Piether Owu, Selasa (9/10/2018).

Dia menuturkan, bantuan tersebut yaitu bahan makanan, air bersih serta kebutuhan dasar lainnya bagi para pengungsi.

Sedangkan tim kemanusiaan menurut Piether, pihak Pemkab mengirimkan para tenaga medis, dan tim tanggap bencana (Tagana).

“Bantuan yang kirimkan berupa kebutuhan dasar, serta mengikutsertakan tim medis dan Tagana,” ujarnya.

Khusus untuk tim medis beserta Tagana, akan ditugaskan selama 14 hari di Kabupaten Sigi, dan kemudian akan digantikan tim lainnya dari Minahasa Tenggara.

“Tim kemanusiaan ini akan ditugaskan, sampai selesai penanganan bencana di Kabupaten Sigi,” katanya.

Sementara itu, Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, mengakui pihaknya masih siaga dengan erupsi Gunung Soputan, namun pemerintah telah berkomitmen membantu para korban di Kabupaten Sigi dan sekitarnya.

“Saat ini memang kami masih siaga dengan erupsi Gunung Soputan. Tapi ini tidak mengurangi komitmen kami untuk membantu para saudara sebangsa kami dan berada dalam satu pulau yang sama terdampak bencana gempa bumi dan tsunami,” katanya.

Dia menambahkan, pihak Pemkab Minahasa Tenggara dan Kabupaten Sigi mempunyai hubungan yang sangat erat, dan telah ada kerja sama dalam berbagai bidang, dan akan saling mendukung ketika terjadi bencana.

“Komitmen kami untuk bekerja sama dalam berbagai bidang. Termasuk akan saling membantu jika salah satu daerah terdampak bencana,” tandasnya.

Diketahui, Bupati James Sumendap akan melepas keberangkatan bantuan dan tim kemanusiaan malam ini.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment