Pemkot Tomohon Latih Petani dan Peternak

Reporter : | 04 Okt, 2018 - 6:58 pm WITA

Wali Kota Tomohon  membuka pelatihan

Wali Kota Tomohon membuka pelatihan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Lebih meningkatkan ketrampilan dalam mengelola potensi yang dimiliki, Pemerintah Kota Tomohon melatih petani dan peternak melalui Pelatihan Penangkaran Benih Tanaman Perkebunan dan Pelatihan Peternak Babi.

Kegiatan yang diikuti sekitar 50 peserta dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Kamis (4/10/2018) di Aula Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon.

Dalam sambutannya, wali kota mengatakan, meski daerah yang kecil, namun Kota Tomohon memiliki potensi perkebunan seperti cengkih 1300 hektar dan tanaman aren 190 hektar.

‘’Untuk Arebn, kita telah memiliki tanaman spesifik dengan nama Akel Toumuung yang telah disahkan oleh Kementerian Pertanian. Ini hanya ada di Kota Tomohon,’’ ujar wali kota.

Lewat pelatihan ini, Eman berharap para petani dan peternak bisa mengembangkan usahanya sehingga bisa menjadi mata pencaharian andalan.

Petani dan peternak peserta pelatihan

Petani dan peternak peserta pelatihan

‘’Manfaatkan kelompok sehingga bisa memaksimalkan bahan yang ada, untuk menghasilkan produksi yang berkualitas, sehingga berpengaruh pada pendapatan ekonomi masyarakat,” tukasnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Ir Vonny Pontoh MBA mengatakan, pihaknya terus memberikan bibit yang berkualitas kepada petani. menuturkan pada dasarnya kami selalu berupaya memberikan fasilitas dan bibit yang terbaik bagi petani selain memberikan kebutuhan Alat Mesin Pertanian (Alsintan)

Narasumber dalam pelatihan tersebut yakni Ir Elsye Tenda dari Balai Penelitian Tanaman Palma, Martje Sumolang dari pemerhati lingkungan, drh Eudia Kalalo dari PT Malindo, drh Efraim Fatra dari PT Sanbe Farma. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment