Tomohon Satu-Satunya Kota Penerima Penghargaan Kebudayaan Tahun 2018

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menerima penghargaan dari Menteri Pendidikian dan Kebudayaan RI
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menerima penghargaan dari Menteri Pendidikian dan Kebudayaan RI

JAKARTA, (manadotoday.co.id)—Satu lagi penghargaan diterima Pemerintah Kota Tomohon melalui Wali Kota Jimmy F Eman SE Ak yang diterima dalam Malam Anugerah Kebudayaan Tahun 2018 Plaza Insan Berprestasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Menariknya, Tomohon satu-satunya kota di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut pada Rabu (26/9/2018).

Penghargaan diberikan kepada 51 tokoh atau kelompok. Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak sendiri menerima penghargaan melalui kategori Pemerintah Daerah. Tokoh lain penerima antara lain Ebiet G Ade (musik), Glen Fredly (musik), Sidi Saleh (film), Eko Supriyanto (tari), Afrizal Malna (sastra), Abah Engkus (silat), Ashadi Siregar, Katamsi Martohardjo  dan lainnya.

Penyerahan penghargaan seperti itu sudah dilakukan sejak tahun 2012 lalu.

Wali Kota Jimmy F Eman SE bersama para penerima penghargaan kebudayaan
Wali Kota Jimmy F Eman SE bersama para penerima penghargaan kebudayaan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof  Dr  Muhajir Effendy MAP menjelaskan penghargaan ini adalah bentuk komitmen untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia.

‘’Program apresiasi ini sebagai salah satu alat menginternalisasikan nilai budaya, diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat sekaligus meningkatkan motivasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap pengembangan kebudayaan Indonesia serta bentuk komitmen untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia agar tetap mengakar dengan cara menghargai tokoh Indonesia yang secara konsisten berkarya dan berkontribusi dalam kebudayaan,’’ kata menteri.

Untuk kategori Pemerintah Daerah dari Kabupaten, diterima Kabupaten Wonosobo. Penghargaan ini diberikan karena komitmen dan kerja keras Pemerintah dan Masyarakat Kota Tomohon untuk menjadikan Kota Tomohon sebagai Kota Pariwisata berbasis kebudayaan. Berbagai kegiatan yang digelar seperti Tomohon Internasional Flower Festival  (TIFF) yang diikuti oleh 19 negara, Mapalus sebagai bagian dari tradisi kerja sama para leluhur, Pengucapan Syukur dan kegiatan budaya lainnya merupakan upaya dari Pemerintah Kota untuk menjadikan Tomohon sebagai Kota Budaya.

Wali Kota vTomohon bersama pendamping saat menerima penghargaan kebudayaan
Wali Kota vTomohon bersama pendamping saat menerima penghargaan kebudayaan

“Kami sangat mensyukuri penghargaan Anugerah Kebudayaan ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kota Tomohon untuk melestarikan budaya lokal yang ada di Kota Tomohon,’’  kata Eman usai menerima penghargaan seraya menambahkan penghargaan tersebut tak akan diterima jika taka da dukungan dan peran serta masyarakat dalam menyukseskan berbagai program.

Mendampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam memberikan penghargaan Anugerah Kebudayaan, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid PhD, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Dr Nadjamuddin Ramly dan pejabat Eselon 1 lainnya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Adapun ikut mendampingi Walikota Tomohon dalam menerima Penghargaan Anugerah Kebudayaan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon Dr Juliana Dolvin Karwur MKes MSi dan Kabag Humas dan Protokol Michael Joseph SSTP MSi. (ark)