Assa Hadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Tahun 2018

Reporter : | 20 Sep, 2018 - 3:59 pm WITA

Peter KB Assa (foto: Facebook)

Peter KB Assa (foto: Facebook)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wakili Wali Kota Manado Vicky Lumentut, Penjabat (Pj) Sekertaris Daerah Kota Manado Peter KB Assa, menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (APK) Pemerintah tahun 2018, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI, Kamis (20/9/2018).

Menurut Assa, dalam rakornas yang digelar oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPBN) tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyinggung capaian opini LHP BPK RI setiap pemerintah daerah dan kementerian.

“Menurut ibu Menteri, peningkatan capaian opini (WTP) juga harus diiringi dengan pemanfaatan informasi pada laporan keuangan tersebut dan jangan hanya disimpan di lemari, tetapi informasinya juga harus dimanfaatkan dalam perencanaan, evaluasi dan pengambilan keputusan-keputusan strategis lainnya,” tukas Assa.

Assa menjelaskan, pemanfaatan informasi pada laporan keuangan antara lain perencanaan alokasi anggaran dan penetapan target capaian PNBP.

“Serta penatausahaan aset berupa Barang Milik Negara atau Daerah, dan evaluasi program dan kegiatan pemerintah,” katanya.

Dia pun mengatakan bahwa apa yang disampaikan oleh Menteri Keuangan akan ditindaklanjuti Pemkot Manado.

“Hasil Rakernas ini akan dilaporkan ke Wali Kota Manado,” pungkas Pj Sekda Kota Manado Peter KB Assa.

Diketahui rakor tersebut dihadiri 93 Pemerintah Daerah (Provinsi, Kota, dan Kabupaten) serta Kementerian dan Lembaga Negara. (ryn)

Baca Juga :

Leave a comment