Atasi Penyakit DBD, Bupati James Sumendap Instruksikan Sekda Bentuk Tim Terpadu

Reporter : | 20 Sep, 2018 - 10:18 am WITA

James Sumendap, Penyakit DBD, DBD minahasa tenggaraRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Untuk mengatasi gejala Demam Berdarah Dengue (DBD), yang saat ini mulai merajalelah di Kabupaten Minahasa Tenggara, Bupati James Sumendap SH, mengintruksikan agar Sekretaris Daerah dan intansi terkait yang berhubungan dengan lingkungan masyarakat, untuk membentuk tim terpadu.

“Saya minta dalam satu bulan ini semua lingkungan atau jaga di desa/kelurahan harus dibersihkan sesuai dengan standar kesehatan lingkungan,”ujar Sumendap.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi hanya mengamburkan uang saja, untuk itu tim terpadu di kabupaten, kecamatan, desa hingga lingkungan dan jaga, secepatnya dibentuk, agar masyarakat tidak lagi kuatir dengan penyakit yang mematikan ini.

“Saya tegaskan pekan depan tim terpadu tersebut sudah beres karena Foging bukan solusi tapi kebersihan rumah tangga dan lingkungan yang paling utama,”tegasnya.

Sumendap menambahkan, agar Dinas PMD, Kesehatan, BLH, KB dan Sosial pada minggu kedua pada bulan Oktober 2018 lakukan program Orde Kiur untuk melihat keadaan di desa mengenai kebersihan, keindahan dan keamanan di desa-desa.

“Jadi kiurnya bukan mengenai keindahan tapi untuk kesehatan lingkungan, jadi jika ada desa yang tidak lolos kesehatan libgkungan panismennya PMD, Camat, Hukum Tua, BPD hingga kepala lingkungan tidak menerima Insentif dan TKD,”tegas Bupati.

Diketahui data di Dinas Kesehatan Minahasa Tenggara pada tahun 2018 terdapat 32 kasus DBD, satu meninggal dunia.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.