Ketua TP PKK Sulut Ajak Masyarakat Konsumsi Pangan Berbasis Lokal

Reporter : | 19 Sep, 2018 - 10:54 pm WITA

pkk sulut

Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, ketika menghadiri lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal se Sulut yang di gelar dilokasi stand TP PKK Sulut lokasi pameran Pembangunan 2018, Kayuwatu.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, mengajak masyarakat di daerah ini untuk menkonsumsi pangan berbasis lokal. Hal itu dikatakannya, ketika menghadiri lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal se Sulut yang di gelar dilokasi stand TP PKK Sulut lokasi pameran Pembangunan 2018, Kayuwatu, Rabu (19/9/2018).

Menurut Ibu Rita, lomba cipta menu ini adalah kegiatan kerjasama antara TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara dan Dinas Pangan Daerah Sulut, memiliki maksud sebagai bentuk sosialisasi kepada seluruh masyarakat bumi nyiur melambai tentang penerapan konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal.

Disampaikan Ibu Rita, kualitas konsumsi pangan dan gizi sangat menentukan kualitas sumber daya manusia. Karenanya upaya untuk menyediakan pangan dalam jumlah dan keragaman yang cukup, dengan kualitas yang layak dan tersedia sepanjang waktu, harus selalu menjadi perhatian kita bersama baik pemerintah maupun masyarakat itu sendiri.

“Untuk itu dalam rangka usaha kita bersama terkait pemenuhan konsumsi pangan bagi masyarakat, ada tiga hal pokok yang harus diperhatikan adalah ketersediaan pangan yang berbasis pada pemanfaatan sumber daya lokal secara optimal, keterjangkauan pangan dan pemanfaatan pangan,” jelasnya.

Lanjut Ibu Rita, perwujudan ketersediaan pangan yang berbasis pada pemanfaatan sumber daya lokal secara optimal dilakukan dengan penganekaragaman pangan dan pengutamaan produksi pangan dalam negeri. Tujuan utama penganekaragaman konsumsi pangan/diversifikasi pangan adalah membudayakan pola konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman untuk hidup sehat aktif dan produktif, sehingga kualitas konsumsi pun semakin baik. Hal ini memberikan indikasi bahwa bahwa kecerdasan dan kesehatan masyarakat semakin terjamin.

Turut dihadir pada kegiatan itu, Kadis Pangan Daerah Sulut Sandra Moniaga, dan perwakilan dari kabupaten/kota se sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment