ROR Siap Bangun Minahasa Dengan Konsep Smart City

Reporter : | 18 Sep, 2018 - 8:59 pm WITA

Royke Roring, ROR, Smart City, minahasa Smart CityTONDANO, (manadotoday.co.id) – Meski belum dilantik sebagai Bupati Minahasa, namun komitmen selaku Bupati Minahasa terpilih Ir Royke Roring, M.Si (ROR) untuk membawa kemajuan bagi Kabupaten Minahasa terus dibuktikan.

Menurut ROR, setelah dirinya dilantik, dirinya bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey (RD) akan melakukan pembenahan di semua sektor dengan melakukan berbagai inovasi, terarah pada terwujudnya pelayanan publik di Minahasa yang optimal dengan konsep Smart City.

Untuk mendukung konsep tersebut, Bupati Minahasa terpilih ini melakukan kunjungan ke Balai Kota DKI Jakarta dan langsung menuju ruang Jakarta Smart City. Selasa, (18/09/2018).

Disana, Pemprov DKI Jakarta menunjukkan konsep pelayanan masyarakat berbasis elektronik. Singkatnya, Jakarta Smart City merupakan program yang bermanfaat untuk membangun kota Jakarta dengan menggunakan teknologi informasi dan data. Tujuannya untuk menjadikan Jakarta layak huni. Dengan aplikasi ini diharapkan masyarakat dapat bersama sama memantau Jakarta agar lebih baik lagi.

Hal penting lainnya, Jakarta Smart City mengintegrasikan seluruh data dan informasi dari SKPD terkait dengan menggunakan algoritma dan visualisasi pemetaan. Dalam aplikasi ini terdapat konten yang disebut QLUE dimana masyarakat cukup memfoto peristiwa yang akan dilaporkan dan menyertakan alamat maka info tersebut akan diteruskan oleh admin kepada instansi terkait dan diselesaikan maksimal 2 hari.

Dengan program Jakarta Smart City ini, masyarakat dapat mengetahui setiap program hingga harga bahan pokok di pasar tradisional. Selain itu, ada banyak program lainnya yang ikut dipaparkan Pemprov DKI. Misalnya terkait keamanan, Jakarta saat ini telah dilengkapi dengan 6.000 lebih CCTV dan bekerjasama dengan TNI/POLRI agar tercipta keamanan bagi masyarakat dalam beraktifitas.

Bupati Minahasa terpilih Royke Roring pun kagum melihat perkembangan dan kreatifitas Pemda Provinsi DKI Jakarta saat ini.

“Sementara menunggu hari pelantikan saya datang belajar banyak apa yang bisa diperoleh disini, terlebih untuk menunjang program kita kedepan yaitu RR-RD call Center (Reaksi, Respond, Relief Daerah), supaya kedepannya Kabupaten Minahasa akan lebih mengoptimalkan pelayanan sehingga masyarakat menerima pelayanan prima,” tandasnya. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment