ASN Pemkot Manado Dituntut Tingkatkan Disiplin dan Etos Kerja

ASN Pemkot Manado, Sekda Kota Manado, Peter KB Assa MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kota Manado menggelar aple Korpri di lapangan Sparta Tikala Senin (17/09/2018). Apel yang dihadiri ribuan ASN tersebut dipimpin oleh Pj Sekda Kota Manado mewakili Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut.

Assa dalam arahannya, mengajak seluruh ASN untuk terus meningkatkan disiplin dan etos kerja dalam memberkan pelayanan ke masyarakat Kota Manado. Menurutnya, birokrat harus cerdas, yaitu profesional, berdedikasi, paham tupoksi juga menguasai perkembangan teknologi terkini, karena berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Manado sampai bulan Agustus 2018 ada 5.722 pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Manado, dari jumlah tersebut 3258 pegawai berpendidikan sarjana, 240 pegawai bergelar Master dan 5 pegawai pendidikan S3 atau doktor, bila digabungkan berjumlah 3.503 pegawai, itu artinya lebih dari separuh PNS pemerintah kota Manado sarjana.

“Ini adalah satu keunggulan dari segi kualitas sumber daya manusia, sehingga situasi dan perkembangan zaman sekarang ini mendorong kita sebagai Abdi masyarakat untuk beradaptasi menyesuaikan diri menguasai teknologi terkini dengan mengupdate data, informasi tapi juga upgrade pengetahuan dan skill, berakselerasi dengan mengembangkan pengetahuan dan teknologi. Serta bisa merumuskan kebijakan dan perencanaan program kegiatan, agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat jauh kedepan jadi manusia visioner, bukan lagi sekedar pekerjaan mekanis. Itu sebabnya saya harapkan bahwa penyelenggaraan kegiatan kursus ataupun sosialisasi dapat mengasah keterampilan yang diperlukan oleh pegawai sesuai bidang tugasnya,” ujar Assa.

Lanjutnya, ASN juga harus berinovasi menciptakan terobosan, mengefektifkan dan mengefisiensikan tata kelola pemerintahan serta pelayanan publik, dimana kuncinya pada mindset atau cara pikir.

‘Pelajari dan amalkan komitmen 953 seraya saudara-saudara beradaptasi, dan berakselerasi dengan perkembangan zaman dengan demikian kita dapat membangun kota Manado sebagai smart city”, jelasnya.

Turut hadir dalam apel tersebut, para Asisten, para staf ahli, para Perangkat Daerah, dan ASN yang ada.(ryn)