Lomban Hadiri Ibadah Syukur HUT ke-67 Sinode AM Gereja Sulutteng

Reporter : | 17 Sep, 2018 - 3:58 pm WITA

dae064ba44521c6edea5172d4c39c1e8.0BITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Pnt Maximiliaan J Lomban SE MSi didampingi Ketua TP-PKK Kota Bitung Pnt Khouni Lomban-Rawung menghadiri ibadah syukur HUT ke-67 Sinode AM Gereja-Gereja (SAG) di Sulawesi Utara dan Tengah (Sulutteng), di GMIM PNIEL Manembo-nembo, dengan Khadim Sekretaris Umum Sinode GMIM Pdt Evert Tangel.

Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM yang juga selaku Ketua Panitia HUT Ke-67 SAG melaporkan kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 16 sampai 18 September 2018 ini, mengagendakan berbagai jenis kegiatan diantaranya, ibadah syukur, seminar bacerita, festival keberagaman pemuda lintas iman dan budaya, serta rapat moderamen SAG Sulutteng.

Dalam sambutannya Lomban sangat mengpresiasi dan berterimakasih atas kepercayaan SAG Sulutteng untuk yang kedua kalinya mempercayakan Kota Bitung menjadi tuan rumah pelaksanaan perayaan.

“Kiranya momentum ini dapat semakin mengokohkan semangat pelayanan bagi seluruh komponen oikumene yang ada,” katanya.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Utara melalui Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Pnt DR Jemmy Kumendong menyampaikan kiranya melalui perayaan HUT ke-67 ini, SAG dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan iman guna tercapainya tujuan pelayanan dan kemulian nama Tuhan.

Pdt Zakharias Widodo selaku Sekretaris Jenderal SAG menjelaskan perayaan kali ini dihadiri oleh 13 Ketua Sinode AM yang ada di Sulutteng. Perjalanan SAG sendiri untuk bisa mencapai usia ke- 67 tahun adalah sesuatu yang tidak mudah karena begitu banyak tantangan yang harus dihadapi.

“Sedangkan sejarah gerakan oikumene ini sendiri merupakan dampak dari gerakan reformasi pada abad ke-16 serta pembentukan dewan gereja di Amsterdam Belanda tahun 1948, ditandai dengan terbentuknya dewan gereja Indonesia yang menjadi tonggak terbentuknya dewan-dewan gereja yang ada di Sulutteng,” jelasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua WKI SAG Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA, serta para pendeta dari 13 Sinode AM se-Sulutteng.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment