HKAN 2018 di Kota Bitung Sukses Digelar

Reporter : | 14 Sep, 2018 - 9:34 am WITA

HKAN 2018 di Kota Bitung Sukses DigelarJAMBORE Nasional Konservasi Alam, dalam rangka peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2018, yang berlangsung dari 28 sampai 31 Agustus 2018 di Taman Wisata Alam (TWA) Batuputih, Kecamatan Ranowulu Bitung, sukses digelar. Rangkaian kegiatan bertemakan ‘Harmonisasi Alam dan Budaya’ ini, dibuka oleh Direktur Jendral Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Ir Wiratno dan Sekretaris Kota Bitung Dr Audy Pangemanan.

Wiratno mengatakan rangkaian kegiatan Jambore ini menjadi salah satu upaya untuk menjaga kesinambungan alam dan mencintai alam, memelihara, dan menjaganya serta menjadi sikap hidup dan budaya bangsa. Sedikitnya ada 400 kader konservasi dari seluruh Indonesia yang mengikuti Jambore Konsevasi Alam tersebut. Selain itu, ada 42 stan yang ikut Pameran Konservasi Alam serta produk unggulan.

HKAN 2018 di Kota Bitung Sukses Digelar1Dalam kesempatan tersebut Pangemanan mengatakan dengan penuh kebanggaan kami atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung mengucapkan selamat datang dan selamat beraktivitas kepada seluruh peserta.

“Momentum peringatan HKAN 2018 ini hendaknya kita maknai dengan mensyukuri karunia Tuhan akan anugerah sumber daya alam dan keanekaragaman hayati yang melimpah hal tersebut dapat diwujudkan melalui upaya untuk konservasi guna menjaga kelestarian alam serta kesinambungan daya dukung lingkungan sebagai warisan untuk generasi mendatang,” tukas Pangemanan.

HKAN 2018 di Kota Bitung Sukses Digelar4Kegiatan hari berikutnya, dalam Talk Show, Kepala sekolah Lingkungan kota Bitung yang juga adalah Ketua TP-PKK Kota Bitung, Khouni Lomban Rawung memukau peserta dengan mengenakan kostum kabasaran, kemudian membawakan materi soal komitment Pemkot Bitung dalam membangun dengan mengedepankan aspek lingkungan mulai dengan meminimalisir sampah plastik dan serta menjaga keanekaragaman hayati di Kota Bitung.

HKAN 2018 di Kota Bitung Sukses Digelar2Puncak acara HKAN, dihadiri dua menteri yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, yang disambut Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi dan Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM.

Dalam sambutannya, Siti Nurbaya mengatakan kampanye konservasi alam harus terus menerus digaungkan dan agenda ini harus menjadi sikap hidup dan budaya bangsa. Lomban berterima kasih atas kepercayaan Pemerintah Pusat sehingga penyelenggaraan HKAN 2018 boleh dilaksanakan di Kota Bitung.

HKAN 2018 di Kota Bitung Sukses Digelar3Lomban berharap keberadaan TWA Batuputih yang dipenuhi dengan berbagai keanekaragaman hayati dan terbuka untuk diteliti yang telah menjadi salah satu destinasi wisata kota Bitung yang mendunia, mampu mendapatkan perhatian Pemerintah pusat demi kelestarian dimasa akan datang.

Kegiatan diakhiri dengan peresmiam Tangkoko Education Centre. Turut hadir Gubernur Provinsi Sulut Olly Dondokambey.(kys/­adv)

Baca Juga :

Leave a comment