Masyarakat Lembeh Selatan Tanam 1.000 Mangrove

mangrove , Kecamatan Lembeh Selatan, Mex Mapahena,BITUNG, (manadotoday.co.id) – Sedikitnya 1.000 bibit mangrove ditanam di pesisir Kecamatan Lembeh Selatan, tepatnya di Pantai Kahona Kelurahan Pasir Panjang Jumat (7/9/2018).

Aksi peduli lingkungan ini dilakukan oleh Pala, RT, LPM dan Tokoh – tokoh masyarakat yang ada, sebagai bentuk upaya mencegah abrasi yang mengancam pesisir Lembeh.

Menurut Camat Lembeh Selatan Mex Mapahena, penanaman mangrove dilakukan untuk merekondisi pesisir Lembeh yang mulai digerus abrasi.

“Kegiatan ini menjaga lingkungan pesisir pantai Kahona dari tingginya angka abrasi pantai yang terjadi. Ini bentuk komitmen kami untuk turut berperan menyelamatkan pesisir Lembeh yang kian terancam abrasi,” kata dia.

Lanjutnya, kegiatan ini dilakukan untuk menyukseskan visi dan misi Walikota Maximiliaan J Lomban dan Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri bidang pariwisata selain itu untuk menjaga pesisir dari abrasi.

“Kami juga rutin untuk memantau dan memelihara pertumbuhan tanaman di titik-titik penghijauan,” tambahnya.

Sementara itu, Henry Alexander penggiat lingkungan di Kota Bitung mengaku sangat terbantu dengan kepedulian dari seluruh elemen-elemen terkait terhadap lingkungan sekitar.

“Dengan adanya penananaman mangrove ini, bisa membantu masyarakat dalam upaya pencegahan abrasi yang cukup cepat terjadi di pesisir pantai Kahona,” ujarnya, seraya meminta masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungan sekitar, salah satunya yaitu dengan menjaga kelestarian mangrove.(kys)