Wali Kota Lumentut: Festival Budaya Bantik Sarana Lestarikan Budaya ke Generasi Muda

Reporter : | 06 Sep, 2018 - 10:02 am WITA

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut , Festival Budaya Bantik 2018, Robert Wolter Monginsidi, MANADO, (manadotoday.co.id) – Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut menghadiri acara Festival Budaya Bantik 2018 yang dirangkaikan dengan peringatan ke-69 tahun gugurnya pahlawan nasional Robert Wolter Monginsidi, serta pengukuhan pengurus lembaga pemangku adat Bantik Malalayang, di lapangan Bantik Malalayang, Rabu (6/9/2018).

Wali Kota Lumentut saat membawakan sambutan, mengatakan Festival Budaya Bantik 2018 ini tidak hanya menyuguhkan kekayaan seni budaya yang ada di Sulawesi Utara khususnya di Kota Manado, tapi juga melestarikan seni budaya Bantik ke generasi-generasi muda.

“Kegiatan seperti ini harus dilakukan terus agar tetap diingat dan bahkan dikembangkan oleh para generasi muda,”tutur Wali Kota Lumentut.

Kemudian, terkait peringatakan 69 tahun gugurnya pahlawan nasional Robert Wolter Monginsidi, Wali Kota menuturkan bahwa Bote sapaan akrab Wolter merupakan pahlawan nasional yang sangat luar biasa.

“Pahlawan nasional kita ini sangat luar biasa dan semangatnya perlu terus dilestarikan serta menjadi bagian dari para generasi penerus bangsa di Kota Manado dan Sulawesi Utara untuk Indonesia,”tukas Lumentut.

Terakhir, Wali Kota berpesan agar terus menjaga semangat persatuan dan melestarikan nilai-nilai budaya.

“Mari kita jaga kota kita tetap aman, damai dan rukun, sebagai perwujudan kota toleransi. Jangan lupa juga, pada 9 September nanti ada acara thanksgiving Kota Manado dalam rangka Manado Fiesta 2018,”tutup Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut.

Diketahui, Festival Seni Budaya Bantik diikuti warga Bantik dari 11 Desa dan Kelurahan yang ada di Sulut. Dimana, ditampilkan berbagai atraksi seni budaya adat bantik seperti tarian Mahambak dan tarian perang Kabasaran atau Upasa. Dalam kegiatan tersebut juga Wali Kota Manado menyerahkan bantuan berupa 15 unit tenda yang diterima oleh Noldy Damo.(ryn)

Baca Juga :

Leave a comment