Wali Kota Tomohon: Germas Perwujudan Revolusi Mental

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman Se Ak mengungkapkan, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan salah satu perwujudan revolusi mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Wali Kota Tomohon saat memberikan sambutan
Wali Kota Tomohon saat memberikan sambutan

Untuk itu, ia meminta semua pihak untuk menggaungkan Germas sebagai perwujudan revolusi mental. Hal itu dikatakan wali kota pada penyuluhan masyarakat pola hidup sehat kaitan dengan peningkatan pengetahuan Germas bagi kelompok masyarakat di Aula Naga Mas Kamasi Tomohon Tengah Rabu (5/9/2018).

Menurutnya, derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni perilaku, lingkungan, pelayanan kesehatan serta faktor keturunan.

‘’Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat perlu dilakwukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa, untuk itu Germas menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik,’’ tukas wali kota.

Kadis Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr Deesje Liuw MBiomed menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup, di samping itu untuk meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, serta meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi biaya kesehatan.

Penyuluhan diikuti oleh kelompok masyarakat dan narasumber Asmita Baganu SST dan Netty Komaling AMG dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, bersama unsur Pemkot Tomohon. Hadir staf khusus Wali Kota Tomohon Dr Tommy Sumakul bersama jajaran Dinas Kesehatan Kota Tomohon. (ark)