DLH Kota Manado Uji Emis Gas Buang 550 Kendaraan

dlhMANADO, (manadotoday.co.id) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Petugas Satlantas Polresta dan Dishub Kota Manado, melaksanakan Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor pada 14 -15 Agustus 2018 (2 hari), di ruas Jln. Wolter Monginsidi, Malalayang (depan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi).

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan kendaraan dinas Kadis LH, degan hasil Lulus Uji (dibawah ambang batas) dari pengujian obyektif yang dilakukan menggunakan alat uji emisi gas buang dinamis.

“Di hari pertama, ada 100 kendaraan bermotor berbahan bakar Solar dan 200 kendaraan bermotor berbahan bakar bensin, dengan total kendaraan bermotor yang diuji sebanyak 300 kendaraan,” tutur Kadis DLH Manado Yohanis Waworuntu.

Sedangkan pada hari kedua, 99 kendaraan bermotor berbahan bakar Solar dan 151 kendaraan bermotor berbahan bakar bensin, dengan total kendaraan bermotor yang diuji sebanyak 250.

“Dari keseluruhannya total kendaraan bermotor yang diuji emisi gas buang dalam 2 hari adalah sebanyak 550 kendaraan bermotor yang terdiri dari 199 kendaraan bermotor berbahan bakar solar dan 351 kendaraan bermotor berbahan bakar bensin. Iini melampaui target, yaitu sebanyak 500 kendaraan bermotor,” jelasnya.

Diketahui, uji emisi gas buang ini dilaksanakan Pemerintah Kota Manado melalui DLH Kota dalam rangka mendukung Program Langit Biru dan Green Transportation. Langkah-langkah kebijakan apa yang akan diambil kemudian akan tergantung dari hasil analisa dan evaluasi yang dilakukan DLH berkolaborasi dengan Bappelitbang, Dinas Perhubungan dan Dinas PUPR Kota Manado yang merupakan Kelompok Kerja (Pokja) Green Transportation yang telah dibentuk, dimonitor oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Pengendalian Pencemaran Udara Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan.(ryan)