Cegah Rabies, Dinas Pertanian Mitra Vaksin 2.486 Hewan Anjing dan Kucing

Reporter : | 27 Agu, 2018 - 9:01 pm WITA

Dinas Pertanian Mitra, Ir Elly Sangian ME,Donald Lumingkewas , Vaksin rabies

Ir Elly Sangian ME

RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Pertanian, memberikan vaksinasi rabies gratis kepada ribuan hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing. Tercatat sudah ada 2.486 anjing dan kucing sudah divaksin.

Kepala Dinas Pertanian Mitra Ir Elly Sangian ME, melalui Kepala Bidang Perternakan Donald Lumingkewas mengatakan, pemberian vaksin gratis ini dilakukan rutin 6 bulan sekali.

“Sampai hari ini terus di lakukan vaksin terhadap Anjing dan Kucing, dari 12 Kecamatan yang ada, sudah ada 6 Kecamatan. Yaitu Kecamatan Ratahan, Anjing: 259 dan Kucing: 19, Kecamatan Ratahan Timur, Anjing: 442, kucing: 25, Kecamatan Touluaan, Anjing: 609 kucing: 46, Kecamatan Pusomaen, Anjing: 12, kucing: 0, Kecamatan Belang, Anjing: 182, kucing: 81, Kecamatan Silian Raya, Anjing: 766, Kucing: 57, Total keseluruhan Anjing 2.270, dan total keseluruhan Kucing 228, Total anjing dan kucing 2.486, yang berhasil diberikan vaksin untuk mencegah terjangkit virus rabies,” tutur Lumingkewas.

Ditambahkan Lumingkewas, untuk kecamatan yang belum terlayani, petugas kami pasti akan datang.

“Karena sudah ada jadwal masing masing kecamatan, dan juga bisa menghubungi petugas dan tetap dilayani vaksin gratis,” katanya.

Menurut Lumingkewas, pihaknya menghadapi sedikit kendala dalam penyuntikan vaksin tersebut, salah satunya ketika hewan yang hendak disuntik justru berkelairan dan sulit ditangkap sehingga memerlukan waktu yang lumayan lama. Kemudian, ada juga anjing yang sudah dibawa pergi pemiliknya ke ladang.

“Belum lagi jika ada warga yang tidak mau jika anjing peliharaannya divaksin. Tapi, secara keseluruhan penyuntikan vaksin itu berlangsung lancar,” imbuhnya.

Dia pun menjelaskan, jika virus rabies tidak hanya menjangkiti hewan seperti anjing saja tapi juga bisa menyerang hewan lain seperti kera.

“Salah satu upaya pencegahannya, yakni dengan memberikan vaksin anti rabies kepada hewan penular rabies itu,” ucapnya.(ten)

Baca Juga :

1 comment

  1. HewanDijual mengatakan:

    Terima kasih yang telah memberikan solusi kepada saya.

Leave a comment