Wali Kota Manado Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Sampah Plastik

Reporter : | 25 Agu, 2018 - 9:50 pm WITA

 Sampah Plastik,  Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut , Manado Fiesta 2018, wisata kota manado

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut ditemani Asisten I Micler CS Lakat dan Kadis BLH Yohanis B Waworuntu

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wali Kota GS Vicky Lumentut mengajak warga Kota Manado untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Hal itu dikatakan Wali Kota saat penutupan kegiatan aksi bhakti sosial bersih-bersih pantai di gedung Youth Center, Kawasan Megamas, Jumat (24/8/2018) kemarin.

“Mari kita kurangi sampah yang seperti ini (sambil menunjuk air minum kemasan dalam plastik). Saya akan kampanyekan di Kota Manado dan pemerintah kota, tapi pertama dimulai dari diri sendiri dan tempat kerja,”ajak Wali Kota Lumentut.

Lanjut Lumentut, jika ingin berkunjung ke daerah lain, dirinya sering membawa botol air minum isi ulang.

“Jika ditanya mengapa, saya sedang membatasi diri untuk sampah plastik. Jadi saya mulai dari diri saya sendiri,”tutur Lumentut.

Apalagi, Kota Manado yang sedang disiapkan menjadi kota tujuan wisata, sangat mengandalkan keindahan laut sebagai salah satu nilai jual utama, seperti taman bawah laut Bunaken.

“Jika para penyelam dari luar negeri melihat banyak sampah plastik di pantai atau dalam laut, mereka pasti tidak akan datang untuk kedua kalinya. Jadi kita harus menjaga lingkungan kita agar tetap bersih, apalagi dalam waktu dekat ini kita akan menggelar event akbar Manado Fiesta 2018.”pungkas Wali Kota GS Vicky Lumentut.

Diketahui, sampah plastik menjadi sampah yang berbahaya dan sulit dikelola. Dibutuhkan waktu 1.000 tahun agar plastik dapat terurai oleh tanah secara terdekomposisi atau terurai dengan sempurna. Jika pun sudah terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin.(ryn)

Baca Juga :

Leave a comment