Pemprov Sulut Dorong Pedagang UMKM Punya Toko Online

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) mendorong Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah ini, untuk mempunyai took online. Hal itu disampaikan Gubernur Olly Dondokambey melalui Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Sulut, Rudi Mokoginta, pada sosialisasi e-commerce bertajuk “Belanja dan Jualan Online, Murah, Cepat dan Aman” yang berlangsung di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Jumat (24/8/2018).

Menurut Mokoginta membacakan sambutan Olly, kini jika ingin membeli suatu barang maupun jasa, cukup dengan smartphone kemudian membuka situs e-commerce dan berbelanja disana. Segala kepraktisan itu menyebabkan terjadinya pergeseran perilaku konsumen, dan juga menyebabkan pelaku bisnis offline dituntut cepat bergerak ke perdagangan online dengan menjadi seller di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee dan sebagainya.

Olly juga mengajak segenap komponen masyarakat, jeli dan cerdas menangkap peluang besar ini mengingat optimalisasi di sektor ini akan berdampak pada meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi bangsa umumnya dan ekonomi Sulut pada khususnya.

“Melalui kegiatan ini, masyarakat Sulut semakin memahami dan mengerti tentang bagaimana pengelolaan perdagangan elektronik khususnya e-commerce, sehingga nantinya memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas dan profesionalitas SDM di Sulawesi Utara,” imbau Olly seperti yang disampaikan Mokoginta, dihadapan 300 pedagang pelaku UMKM.

Pada kegiatan yang bekerjasama dengan Kemenkominfo RI ini, turut menggandeng situs belanja Shopee dimana para official marketplace tersebut memberikan tips dan berbagai materi berjualan online kepada para pedagang UMKM Sulut.

Pada kesempatan itu, dipaparkan terkait produk dengan gambar yang jelas dan menarik, menjual barang berkualitas, tips pengiriman logistik, pendanaan melalui Fintech, fasilitas pembukaan toko online secara gratis, dan penjelasan mengenai transaksi payment melalui rekening bersama yang lebih aman.

Turut hadir pada kegiatan itu, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Septriana Tangkary, Narasumber Direktorat E-Business Kemenkominfo Hafied Rum, Technopreneur M.Imran, Sekretaris Dinas Kominfo Setda Prov Sulut Febe Moniaga, Official Shopee Indonesia serta Pedagang dan Pelaku UMKM Sulut. (ton)