39 Narapidana Rutan Malendeng Dapat Remisi

Reporter : | 18 Agu, 2018 - 12:44 am WITA

Rutan Malendeng, Remisi 17 agustus, Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut MANADO, (manadotoday.co.id) – Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut menyerahkan Surat Keputusan (SK) pemberian remisi kepada 39 narapidana Rutan Kelas II A Manado, saat memimpin upacara HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Rutan yang terletak di Kelurahan Malendeng, Kecamatan Paal Dua, Jumat (17/08/2018) pagi tadi.

Lumentut saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona Laoly, mengatakan bahwa remisi merupakan hak warga binaan mendapatkan pengurangan masa tahanan yang telah diatur secara legal formal dalam pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

“Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari. Perbaikan itu tercermin dari sikap warga binaan yang taat selama menjalani pidana, lebih disipilin, lebih produktif, dan dinamis. Tolak ukur pemberian remisi tidak didasarkan pada latar belakang pelanggaran hukumnya, akan tetapi didasarkan pada perilaku mereka selama menjalani pidana,” tutur Lumentut, didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Rutan Kelas II A Manado Ronny Rumondor.

Dia pun berharap, narapidana warga binaan Rutan Kelas II A Manado yang berasal dari Kota Manado, saat bebas nanti, dapat menunjukan perubahan sikap dan perilaku yang baik.

“Saya berharap kepada narapidana yang merupakan warga Manado, jika sudah bebas nanti bisa kembali ditengah-tengah masyarakat dengan menunjukan adanya perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik,” tandas Lumentut.

Diketahui rata-rata narapidana warga binaan mendapat remisi 1 sampai 2 bulan pemotongan masa tahanan. Selain pemberian remisi, Wali Kota juga menyerahkan SK penghargaan Satya Lencana Karya Satya 10, 20 dan 30 tahun masa kerja kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Rutan Kelas II A Manado.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Wali Kota Mor Bastiaan, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Manado Peter KB Assa, dan sejumlah pejabat Pemkot Manado.(ryn)

Baca Juga :

Leave a comment