Peringatan HUT RI ke-73 di Kota Bitung Berlangsung Khidmat

Reporter : | 17 Agu, 2018 - 10:00 pm WITA

HUT RI ke-73 ,Kota BitungPERINGATAN HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 di Kota Bitung berlangsung khidmat. Rangkaian kegiatan diawali Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban bersama Wakil Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri, menghadiri Pemberian Remisi Umum pada Narapidana dan Anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Bitung sebelum menuju Lapangan Upacara di Stadion Duasudara.

Adapun jumlah Narapidana yang mendapat Remisi Umum I berjumlah 190 Orang, dengan rincian: satu bulan 35 orang, dua bulan 23 orang, 3 bulan 63 orang, lima bulan 25 orang dan enam bulan 4 orang, sementara 1 Orang Napi Mendapat Remisi II (bebas) ditandai dengan dilepaskannya Baju Narapidana oleh Walikota Bitung.

HUT RI ke-73 ,Kota BitungUpacara memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung di Stadion Duasudara, Kecamatan Matuari Kota Bitung berlangsung dengan lancar dan khidmat, dimana Walikota bertindak sebagai inspektur upacara, Jumat (17/8/2018).

Upacara diawali dengan pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Kota Bitung, lalu dilanjutkan pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan pembacaan Pancasila, serta diakhiri dengan pembacaan Doa oleh Pdt Azer Esau, sementara yang bertindak sebagai Komandan Upacara yaitu Kapten Inf Jhonny Sarapung.

HUT RI ke-73 ,Kota BitungKemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh 48 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang tampil apik dibawah asuhan Leonardo Axsel Galatang. Lomban mengatakan bahwa hari ini adalah hari yang istimewa bagi bangsa Indonesia.

“Pada hari ini kita memperingati HUT ke-73 kemerdekaan RI. Kita bersyukur kepada Tuhan yang telah meridhoi cita-cita kita menjadi bangsa yang merdeka, bangsa yang besar, bangsa yang bersatu di tengah keberagaman, Bhinneka Tunggal Ika. Atas dasar kebhinekaan inilah kita menjadi besar dan kuat, dan di hari yang khidmat ini kami mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk memahami kembali secara utuh Pancasila dan kebhinekaan bangsa, melihat kebhinekaan sebagai sebuah anugerah,” ucapnya.

HUT RI ke-73 ,Kota BitungLanjutnya dalam peringatan HUT ke-73, marilah kita terus bekerja untuk membangun bangsa yang kita cintai, bangsa Indonesia.

“Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk memperkuat rasa bangga dan keyakinan kita pada Indonesia. Teruslah bekerja, teruslah berinovasi, teruslah berprestasi. KERJA KITA, PRESTASI BANGSA, ” seru Lomban.

Walikota bersama rombongan kemudian melanjutkan kegiatan peresmian rumah warga yang sebelumnya mendapat bantuan Bedah Rumah dari TNI AD Kodim Bitung Minut.

HUT RI ke-73 ,Kota BitungSementara itu pada Upacara Penurunan Bendera, Wakil Walikota Bitung bertindak sebagai inspektur upacara. Pada saat itu bendera diturunkan oleh Paskibraka Kota Bitung dan langsung diberikan kepada Wakil Walikota Bitung untuk disimpan dan akan dikibarkan kembali pada tahun mendatang.

Peringatan HUT RI ke-73 di Kota Bitung Berlangsung Khidmat3Rangkaian kegiatan ditutup dengan Malam Toast Kemerdekaan yang dilaksanakan di BPU Kantor Walikota Bitung dan pada kesempatan itu dilakukan Pemberian Tanda Penghargaan kepada ASN Kota Bitung yang sudah mengabdi selama 10 Tahun, 20 Tahun dan 30 Tahun.

Turut mendampingi Ketua TP-PKK, Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung, Sekretaris Daerah Kota Bitung, Ketua DWP Kota Bitung, Kepala Perangkat Daerah Kota Bitung, Forkopimda Kota Bitung. Lomban dan Mantiri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI ke-73 sehingga pelaksanaan tahun ini terasa sangat khidmat dan bermakna.(kys/adv)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.