Max Lomban dan Maurits Mantiri Hadiri Malam Taptu

Max Lomban ,Maurits Mantiri ,Malam TaptuBITUNG, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka menyambut peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi bersama Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM menghadiri Malam Taptu yang di Rumah Dinas Walikota Bitung, Kamis (16/8/2018).

Malam Taptu tersebut ditandai dengan pawai obor yang diikuti barisan TNI/Polri, Pramuka serta jajaran Satpol PP Pemkot Bitung. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Taptu adalah Kapolres Bitung AKBL Philemon Ginting dan turut hadir Sekretaris Daerah Kota Bitung DR Audy Pangemanan serta segenap Pimpinan Perangkat Daerah serta jajaran TNI/Polri.

Lomban menjelaskan sedikit, bahwa Taptu merupakan bunyi trompet pada malam hari untuk memanggil pulang prajurit ke asramanya, atau dapat juga diartikan, berbaris dengan menggunakan irama musik pada malam hari sambil membawa obor.

“Taptu ini dilakukan setiap kali peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan, pada malam tanggal 16 dilaksanakan Malam Taptu untuk menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia dan puncak acara ditandai dengan upacara militer pada Pukul 00.00 yang biasanya dilakukan di Taman Makam Pahlawan,” jelas Lomban.(kys)