HUT RI ke-73, OD-SK Ramah Tamah dengan LVRI Sulut

Reporter : | 17 Agu, 2018 - 3:55 pm WITA

Veteran Sulut

Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw atau OD-SK, menyerahkan bantuan kepada seluruh veteran Sulut yang mengikuti kegiatan ramah tamah.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-73, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw atau OD-SK, menggelar ramah tamah dengan keluarga pahlawan, perintis/janda perintis kemerdekaan dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sulut, di eks Kantor DPRD Sulut, Jumat (17/8/2018).

Olly dalam sambutannya mengatakan, terlaksananya pertemuan yang bertepatan dengan peringatan HUT Republik Indonesia ke-73 itu sebagai wahana untuk menunjukkan penghormatan kepada para perintis kemerdekaan dan keluarganya serta kepada para veteran di Sulut.

“Sekaligus sebagai momentum bagi kami generasi penerus, untuk menjaga jalinan hubungan emosional, serta kekeluargaan dengan para keluarga pahlawan, dan para veteran,” ucapnya.

Disampaikan Olly, kemerdekaan yang masyarakat rasakan saat ini, merupakan kemerdekaan yang diperoleh melalui keringat, darah, dan air mata, bahkan nyawa para pahlawan serta veteran pejuang kemerdekaan.

“Para pahlawan dan para veteran, senantiasa mendapatkan tempat dan penghormatan tersendiri dalam lembaran sejarah bangsa, maupun dalam struktur kehidupan sosial masyarakat Indonesia, yakni sebagai; suri teladan, tokoh yang dihormati, sekaligus sosok bagi kami selaku generasi penerus untuk terus belajar, menimba pengalaman dan wawasan, utamanya terkait jiwa patriotisme dan semangat perjuangan,” ungkapnya.

Menariknya, Olly juga mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang sangat memperhatikan kesejahteraan seluruh veteran di Indonesia dengan menaikkan tunjangan kehormatan veteran sebesar 25 persen.

Adapun kenaikan tunjangan kehormatan veteran tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 31 Tahun 2018 yang diteken Jokowi pada 18 Juli lalu.

“Kenaikan tunjangan ini adalah bukti kehadiran pemerintah di tengah veteran. Pemerintah sangat memperhatikan para veteran,” beber Olly.

Lebih jauh, Olly juga menyebut rencana Pemprov Sulut untuk merenovasi markas Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sulut di Bumi Beringin pada tahun 2019.

Sebelumnya, Olly juga menyerahkan tanda kehormatan berupa bintang LVRI kepada Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw karena dinilai telah membaktikan diri dalam mengisi kemerdekaan. Selain itu, Olly juga memberikan bantuan kepada seluruh veteran yang mengikuti kegiatan ramah tamah.

Turut hadir pada acara itu, jajaran Forkopimda Sulut, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekdaprov Edwin Silangen, dan Ketua LVRI Sulut Kolonel (Purn) Boyke Kambey. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment