Peserta Diklat Pim III BPSDM Regional Bandung Belajar Program Smart City Kota Manado

Smart City Kota Manado,  Pim III BPSDM Regional Bandung, Ir Taty Devi M Siregar MSi, MANADO, (manadotoday.co.id) – Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut menerima kunjungan peserta Benchmarking Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan tingkat III (Diklat PIM 3) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Regional Bandung, Jawa Barat, di Pemkot Manado, Selasa (14/08/2018).

Ketua rombongan Ir Taty Devi M Siregar MSi, mengatakan tujuan kedatangan mereka untuk belajar tata kelola pemerintahan yang dilakukan Pemkot Manado, terutama pemanfaatan teknologi informasi dalam mewujudkan Manado Kota Cerdas atau Smart City.

“Kedatangan kami ke pemerintah Kota Manado, kami ingin menggali informasi sebanyak-banyaknya, bagaimana tata kelola pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam mewujudkan Kota Manado sebagai Kota Cerdas atau Smart City,” tutur Siregar mewakil 40 orang peserta Benchmarking Diklat Pim III BPSDM Regional Bandung.

Menurutnya, sumber daya manusia merupakan hal yang penting agar fungsi pemerintahan dan pembangunan di daerah berjalan dengan baik. Sehingga, perlu optimalisasi potensi yang dimiliki ASN dalam menghadapi perkembangan zaman seiring dengan lajunya ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Mutu pelayanan publik yang optimal, merata dan berkeadilan menjadi fokus utama implementasi pemerintahan yang baik atau good governance di daerah. Sehingga, di Kota Manado ini kami ingin mempelajari beberapa hal yang dilakukan pemerintah Kota Manado sebagai bentuk proyek perubahan ASN kedepannya,” tandasnya.

Sementara, Wali Kota Vicky Lumentut menyambut baik kedatangan 40 peserta Benchmarking Diklat Pim III BPSDM Regional Bandung yang memilih Kota Manado sebagai tempat study banding.

“Terima kasih saya karena peserta Benchmarking Diklat Pim III BPSDM Regional Bandung memilih Kota Manado sebagai lokasi orientasi lapangan. Silahkan, mempelajari berbagai hal yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk proyek perubahan saudara ketika kembali ke daerah asal,” tandas Lumentut.

Dia pun menjelaskan bahwa Kota Manado memiliki Cerdas Command Center yang memanfaatkan teknologi untuk pembangunan Kota Manado.

“Seperti di Kota Bandung dengan CCTV-nya, di Manado juga demikian. Hanya saja, ada beberapa aplikasi yang kami kembangkan sendiri. Untuk lebih jelas silahkan mampir dan lihat Cerdas Command Center yang kami miliki,” tukas Lumentut.

Pada kesempatan itu, tidak lupa wali kota mengajak peserta Benchmarking Diklat Pim III BPSDM Regional Bandung untuk kembali datang ke Kota Manado menghadiri Manado Fiesta 2018.

“Di Manado pada tanggal 31 Agustus sampai 9 September nanti ada iven pariwisata Manado Fiesta 2018. Saya mengundang peserta Benchmarking Diklat Pim III BPSDM Regional Bandung untuk kembali datang ke Manado dan menyaksikan iven tersebut,” pungkas Wali Kota Vicky Lumentut, didampingi Asisten III Frans Mawitjere SH dan Staf Ahli Walikota Drs Heri Saptono.(ryn)