Bagian Humas dan Protokol Minahasa Gelar Bimtek Keprotokolan

Reporter : | 13 Agu, 2018 - 7:36 pm WITA

Humas dan Protokol Minahasa ,Bimtek Keprotokolan, Drs Moudy PangerapanTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bagian Humas dan Protokol sSkdakab Minahasa, menggelar Bimtek Keprotokolan pada Senin (13/8/2018) bertempat di ruang sidang kantor Bupati Minahasa.

Kegiatan dibuka oleh Asisten Tiga Administrasi Umum Hetty Rumagit SH, yang didampungi Kabag Humas dan Protokol Drs Moudy L Pangerapan MAP, yang diawali dengan laporan kegiatan oleh Kasubag Protokol Santy Lengkong SSTP.

Rumagit saat membacakan sambutan Bupati Minahasa mengatakan agar ASN dan THL lewat kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan tentang keprotokolan seperti yang tertuang dalam UU no 9 tahun 2010 yang mengatakan negara menghormati keseimbangan dan keselarasan pemerintah dalam memberikan penghormatan kepada pejabat negara, pejabat pemerintah atau tamu negara. Kapasitas keprotokolan di Minahasa harus ditingkatkan. Protokol memberikan pedoman penyelenggaraan agar suatu acara berjalan tertib dan teratur.

“Lewat kegiatan ini kiranya dapat memberikan pemahaman terhadap hak-hal protokol bagi pemerintah dan pejabat dengan memperhatikan aturan dan etika,” ujar Rumagit.

Sementara itu nara sumber yang tampil adalah Dantje Lantang S.Pt M.Si, yang merupakan Kabag Administrasi Keprotokolan Biro Umum dan Protokol Sekdaprov Pemprov Sulut, mengatakan keprotokolan adalah serangkain kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata upacara dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabata dan atau kedudukannya dslam negara. pemerintah arau masyarakat. Sementara protokoler adalah suatu julukan yang bersifat filosofi yang disandang oleh seseorang untuk membawakan susunan acara.

“Syarat petugas protokol harus percaya diri dan intinya protokol adalah suatu ekspresi menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa di bidang keprotokolan,”‘ujar Lantang di depan peserta bimtek yang terdiri dari ASN dan THL serta Pers Minahasa.

Diakhir kegiatan, Pangerapan berharap lewat kegiatan ini para protokol dan protokoler yang hadir dan mewakili SKPD agar kiranya bisa menerima materi yang telah diberikan dan berharap bisa dipraktekkan di masing-masing SKPD.

“Terima kasih kepada asisten tiga yang telah membuka kegiatan ini. Dan kepada nara sumber terima kasih atas ilmu dan pengetahuan yang telah di bagikan kepada kami. Khusus buat Pers Minahasa kiranya dapat membantu penyebaran informasi yang benar terkait tugas-tugas keprotokolan kepada masyarakat,” tutur Pangerapan. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment