Miliki Potensi Besar, Eman Minta Pemerintah Pusat Perhatikan Florikultura Tomohon

Wali Kota Tomohon saat Rapat Koordinasi
Wali Kota Tomohon saat Rapat Koordinasi

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak meminta pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI untuk menmabah perhatian terhadap florikultura di Kota Tomohon karena memiliki potensi yang sangat besar.

Hal itu dikatakan wali kota pada Rapat Koordinasi Pengembangan Komoditas Florikultura bertemakan ‘’Membangun Jaringan Kerja Sama Lintas Kawasan Florikultura untuk Peningkatan Kesejahteraan Pertani’’ di Show Window Kamis (9/8/2018).

Berada di ketinggian 500-800 meter di atas permukaan laut, tentu menjadi faktor pendukung dalam pencapaian pengembangan florikultura dan hortikultura atau jenis tanaman bunga dan sayuran.

‘’Menanam hortikultura dan florikultura telah membudaya di masyarakat sejak dulu, ditambah animo masyarakat cukup tinggi untuk mengembangkan produk tanaman ini sebagai sumber pendapatan,’’ jelas Eman saat menyampiakan materi.

Pihaknya lanjut Eman, memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan potensi yang ada. Untuk itu sangat berharap pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian, dapat menambah perhatian seperti memfasilitasi para petani melalui berupa pelatihan dalam peningkatan sumber daya manusia bagi petani kaitan pembudidayaan tanaman florikultura dan hortikultura,’’ tukas Eman.

Para peserta Rapat Koordinasi
Para peserta Rapat Koordinasi

Prof Dr Budi Marwoto selaku peneliti utama Balithi Kementerian Pertanian, mewakili Asdep Perkebunan dan Hortikultura Kemenko Perekonomian RI saat membuka kegiatan mengatakan, Kota Tomohon memiliki potensi yang sangat besar dalam mengangkat produk unggulan hortikultura dan tanaman florikultura sehingga kedepan terus membawa dampak positif untuk peningkatan hasil produksi para petani.

Prof Budi sendiri sejak dulu terus mendorong pengembangan florikultura di Kota Tomohon. Sejak penyelenggaraan TIFF pertama (saat masih TFF) sudah turut terlibat.

Hadir sebagai pemateri Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian Sarwo Edhi, Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias Dr Rudy Soehendi.

Hadir juga Ketua Asbindo Kota Tomohon yang juga anggota DPRD Piet Pungus SPd, Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Ir Vonny Pontoh MBA serta para peserta rapat terdiri dari Asosiasi Bunga, Jajajaran Dinas Pertanian dari beberapa kabupaten dan kota di Indonesia, unsur petani, serta unsur terkait lainnya. (ark)