Dinilai Kinerja Tidak Maksimal, Toko Masyarakat Mitra Desak Bupati Evaluasi Kinerja Sekda

Reporter : | 09 Agu, 2018 - 8:10 pm WITA

Robby Ngongoloy, Semmuel MontolaluRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Kinerja Sekretaris Daerah (sekda) Minahasa Tenggara (Mitra) Robby Ngongoloy, jajaran asisten dan‎ kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemkab Mitra, menuai kritik keras dari tokoh masyarakat Mitra.

“Saya mendesak dan meminta bupati Mitra James Semundap untuk mengevaluasi Sekretaris daerah (sekda), kepala SKPD dan para asisten karena tidak optimal atas kinerjanya‎,” tegas Semmuel Montolalu tokoh masyarakat Mitra, Kamis (9/8/2018).

Menurut Montolalu, kinerja sekda Mitra, para asissten dan kepala SKPD tidak optimal dalam memenejemen kinerja seperti kegiatan rapat di tingkat desa/kelurahan, kabupaten dan tingkat provinsi. Kegiatan yang harus mengfungsikan dan melibatkan para asisten, kenapa sekda yang harus turun padahal sekda punya tugas yang lebih penting.

“Kan sudah ada tupoksinya masing-masing para pejabat pejabat di pemkab Mitra mulai dari sekda Mitra dan para asissten. Rasa aneh melihat kinerja mereka sekarang,” kata dia.

Dia mencontohkan kinerja mantan sekda Mitra Farry Liwe, jika ada tugas yang bisa didelegasikan kepada para asissten dan jajaran, diserahkan kepada bawahannya bukan sekda yang turun langsung karena ada kerja yang lebih penting lagi.

Pihaknya akan mengusulkan di periode berikut bupati dan wakil bupati terpilih James Sumendap-Jesaja Jocke Legi harus dilakukan evaluasi terhadap kinerja sekda lagi sebelum ditempatkan.

“Kami minta para pejabat dan sekda harus diberlakukan dan mengikuti asessment dan psikologi. ‎Supaya kelihatan kinerja para pejabat di esalon IIIA dan Esalon II wajib mengikuti itu,” tegasnya.

Ditempat terpisah Sekretaris Daerah (sekda) Mitra Robby Ngongoloy‎ saat dikonfirmasi ‘menantang’ kritik keras tokoh masyarakat yang meminta kinerjanya serta para jajaran di evaluasi oleh bupati James Sumendap.

“Bilang kepada mereka datang ke kantor, cek kinerja apa yang belum kelar, apa-apa yang kami tidak buat,” kata Robby melalui sambungan telepon saat berada di rapat evaluasi pengawasan realisasi anggaran (Epra) tingkat provinsi di Kabupaten Bolmut.

Menurut sekda, semua kegiatan yang diamanatkan bupati Mitra James Sumendap‎ sudah dilaksanakan. Pihaknya menepis tudingan tidak optimal dalam bekerja.

“Selama bupati melaksanakan tugas luar daerah kami laksanakan tugas bupati, termasuk kegiatan kemasyarakatan dan gereja baik suka maupun duka. Apa yang mau dievaluasi‎?,” kata dia.

Sekda mengakui kinerja Pemkab Mitra memang tidak semuanya terekspose, karena tidak mungkin semuanya diikuti satu per satu oleh media. Nanti ditanyakan baru pihaknya bisa membeberkan satu per satu.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment