Walikota Bitung Bahas Pengelolaan Sampah Bersama Menko Kemaritiman

Reporter : | 08 Agu, 2018 - 3:38 pm WITA

b79b0c90eca1a4b33169ee3908c8fe1f.0BITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban menghadiri rapat koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah di Hotel Borobudur Lapangan Banteng Selatan Nomor 1 Jakarta Pusat, Selasa (7/8/2018).

Lomban menyampaikan kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dimana pihaknya tengah menyiapkan dan memfinalisasi peraturan terkait pengendalian sampah nasional.

“Agenda pembahasan terkait penerapan kebijakan penanggulangan sampah melalui aktivitas kegiatan dalam program penanganan persampahan, karena masalah sampah saat ini kata pak menteri sudah menjadi masalah global,” tutur Lomban.

Lanjutnya, ada beberapa data dan informasi yang diminta pihak kementrian seperti kebijakan pemerintah tentang Perda terkait pengelolaan sampah, kebijakan pemerintah tentang besaran alokasi APBD untuk penanganan sampah di Kota Bitung.

“Juga mengenai data jmlah produksi, komposisi, sarana dan prasarana sampah,” tambahnya.

Lomban mengatakan bahwa belum optimalnya pengelolaan sampah di Indonesia, salah satunya disebabkan oleh infrastruktur dan optimalisasi pelayanan sampah kerap terkendala karena anggaran yang terbatas.

“Selain itu, peningkatan pelayanan sampah juga masih belum dijadikan prioritas oleh beberapa pemerintah daerah, tetapi di Kota Bitung lewat program 5 bersih dan Go Green adalah bukti dimana Kota Bitung sangat concern dengan penanganan persampahan,” tutup Lomban.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.