Kunker di Pemkot Manado, Kabupaten Musi Rawas Belajar Tentang Toleransi

Kota Paling Toleran di Indonesia, Kabupaten Musi Rawas , Hj Suwarti , Vicky Lumentut MANADO, (manadotoday.co.id) – Predikat sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia, berhasil menarik minat Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), untuk melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) di Kota Manado.

Dipimpin Wakil Bupati Hj Suwarti bersama Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) KH Misbahul Arifin, rombongan berjumlah 12 tersebut, disambut Wali kota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, di ruang Toar Lumimuut Kantor Walikota Manado, Rabu (01/08/2018).

Wabup Musi Rawas Hj Suwarti, mengatakan tujuan kedatangan mereka adalah untuk mempelajari lebih dalam terkait kiat-kiat Kota Manado dalam menjaga keharmonisan di tengah-tengah perbedaan.

“Kami telah mendengar tentang Kota Manado yang dinobatkan sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia. Kami sangat tertarik dengan ini dan ingin mendapatkan kiat-kiat apa yang dilakukan Pemerintah Kota Manado dalam menjaga hubungan yang harmonis ditengah masyarakat, sehingga saya bersama FKUB Kabupaten Musi Rawas melaksanakan kunjungan kerja kami ke Manado,” tutur Suwarti.

Sementara itu, Wali kota Vicky Lumentut didampingi FKUB Kota Manado menjelaskan kerukunan dan keharmonisan hidup masyarakat di Kota Manado sudah terjalin sangat lama. Bahkan, sebelum ada wadah FKUB, di Kota Manado dan Provinsi Sulut telah ada organisasi kearifan lokal yang namanya Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA).

“Kehidupan umat beragama yang rukun di Manado telah ada sejak lama. Di Sulawesi Utara, sebelum ada FKUB telah ada wadah yang dinamakan BKSAUA sebagai perekat berbagai perbedaan agama. Disitu menjadi wadah berhimpun para rohaniawan untuk memecahkan berbagai persoalan agama yang timbul, dan dicarikan solusi yang tepat,” jelas Wali kota Vicky Lumentut.

Selain itu menurut wali kota, peran masyarakat dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan, menjadi kunci keberhasilan Manado dinobatkan sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia.

“Peran masyarakat Kota Manado juga besar. Karena, masyarakatlah yang menjaga keharmonisan dan kerukunan ditengah masyarakat itu sendiri, sehingga Kota Manado menjadi kota yang aman dan nyaman serta dinilai sebagai kota Paling Toleran di Indonesia,” tandas Wali kota dua periode itu.(ryn)