Bupati CEP Canangkan Penanaman Bawang Putih di Modoinding

Reporter : | 25 Jul, 2018 - 9:38 pm WITA

Bawang Putih ,Modoinding,PT Citra Gemini Mulya , Mardiah Hayati

Bupati saat melakukan penanaman perdana Bawang Putih di Perkebunan Desa Pinasungkulan Kecamatan Modoinding

MODOINDING, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka mewujudkan program Pertanian, Bupati Chriatiany Eugenia Paruntu (CEP) mencanangkan gerakan menanam bawang putih di perkebunan Desa Pinasungkulan Kecamatan Modoinding, Rabu (25/7/2018).

Program yang merupakan inisiasi PT Citra Gemini Mulya selaku importir Bawang Putih, dihadiri Mardiah Hayati mewakili Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian, Ketua Asosiasi Bawang Putih Indonesia Pieko Nyotosetiadi, sejumlah pejabat Pemkab Minsel dan para anggota kelompok tani yang tersebar di seluruh Desa yang ada di Kabupaten Minsel.

Pieko Nyotosetiadi selaku Ketua asosiasi Bawang Putih Indonesia, menyatakan apresiasi terhadap upaya Bupati Minsel yang proaktif mendukung program Kemenpan dalam upaya mewujudkan swasembada Bawang Putih.

“Ucapan terima kasih juga kami berikan kepada seluruh pihak yang telah melibatkan diri menyukseskan program pertanian,” katanya.

Sementara itu Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian yang diwakili Mardiah Hayati membeberkan bahwa kebutuhan Bawang Putih di Indonesia saat ini masih tergantung dari import luar negeri.

“Saat ini kebutuhan kita akan Bawang putih sekitar 500 Ribu Ton per Tahun dan sebagian besar masih diimport dari luar negeri. Sehingga dipandang perlu untuk menggalakkan penanaman bawang putih guna mengembalikan kejayaan swasembada Bawang Putih, ” katanya.

Dikesempatan yang sama Bupati Christiany Eugenia Paruntu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian yang memilih Kabupaten Minsel sebagai salah satu pusat pembudidayaan Bawang Putih.

” Demikian juga dengan PT Citra Gemini Mulya yang sudah menyatakan diri berinvestasi di Kabupaten Minsel. Saya jamin tidak salah memilih Modoinding yang dijuluki dapur indonesia bagian timur tempat berinvestasi, karena ada sekitar 1 triliun setiap tahun putaran ekonomi bergulir di wilayah ini,” ujar Bupati seraya mengingatkan Petani yang ada di wilayah Modoinding menangkap peluang investasi Bawang Putih Untuk dikembangkan.Diketah­ui pada kesempatan tersebut Bupati CEP mengukuhkan penyuluh pertanian di 17 Kecamatan dan memberikan bantuan bibit Bawang Putih kepada kelompok Tani. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment