Tiga Daerah di Sulut Dapat Penghargaan Sensanitasional Award

Reporter : | 25 Jul, 2018 - 8:49 pm WITA

Sensanitasional Award

Asisten II Rudi Mokoginta didampingi Kepala Bappeda Ricky Toemanduk, foto bersama perwakilan penerima penghargaan.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Tiga daerah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yakni Bitung, Manado dan Kotamobagu, meraih penghargaan Sensanitasional Award, setelah mampu menunjukkan kinerja membanggakan atas pelaksanaan program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) Tahun 2017.

Penghargaan itu diserahkan Gubernur Olly Dondokambey, yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan M. Rudi Mokoginta, pada meeting program PPSP, yang digelar di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Sulut, Rabu (25/7/18).

Penilaian untuk Sensanitasional Award ini, peringkat pertama diraih Kota Bitung, kemudian posisi peringkat dua Kota Manado, dan peringkat ketiga Kota Kotamobagu.

Mokoginta ketika membacakan sambutan Olly, mengatakan, sejak bergabung dengan program PPSP pada tahun 2012, secara bertahap dari 15 Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Utara, 14 diantaranya telah memiliki dokumen Strategis Sanitasi Kota (SSK) yang telah dimutakhirkan.

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir akses sanitasi layak terus meningkat. Angka BABS di Sulawesi Utara telah mengalami penurunan, bahkan terdapat banyak kelurahan /desa yang telah mencapai target 0 BABS.

“Satu tahun menjelang tahun pencapaian target universal access, yaitu tahun 2019, sudah selayaknya bersama-sama kita mengevaluasi kinerja secara paripurna, guna percepatan pembangunan sanitasi sebagaimana yang ditargetkan,” ujar Mokoginta mengutip sambutan Olly.

Lanjutnya, untuk meeting program PPSP, diharapkan dapat dicapai beberapa tujuan tercapainya kesamaan persepsi dan terevaluasinya pelaksanaan program PPSP 2018 dari tingkat Pokja Provinsi hingga Kabupaten/Kota,.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Bappeda Ricky Toemanduk selaku narasumber, pejabat eselon Biro Pembangunan dan Bappeda, Pokja PPSP Provinsi dan Kabupaten/Kota Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.