Digelar di Kota Tarakan, Wali Kota Manado Vicky Lumentut Hadiri Rakernas APEKSI XIII

Kota Tarakan, Wali Kota Manado ,Vicky Lumentut ,Rakernas APEKSI XIII, Rakernas APEKSI 2018, Indonesia City Expo 2018MANADO, (manadotoday.co.id) – Wali kota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XIII tahun 2018 dan Indonesia City Expo (ICE) 2018 ke-16 di Kota Tarakan.

Kegiatan dibuka oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) DR Soni Sumarsono MDM mewakili Menteri Dalam Negeri, didampingi oleh Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang juga Wali kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Ketua Dewan Pengawas APEKSI yang juga Wali kota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia yang juga Gubernur Jawa Timur DR H Sukarwo dan Wali kota Tarakan Ir Sofian Raga MSi,

Dalam sambutannya, Dirjen Sumarsono mengingatkan Rakernas APEKSI tidak sekedar membahas berbagai isu yang berkembang dalam pemerintahan, namun menjadi ajang silaturahmi antar Wali kota se-Indonesia.

“Rakernas ini saya kira sebagai tempat kita bertemu dan menjalin silaturahmi sesama Walikota se-Indonesia. Kalau di Sulawesi Utara ada yang namanya kita semua bersaudara atau torang samua basudara atau torang samua ciptaan Tuhan. Berarti menjaga hubungan yang baik antara sesama kita juga dengan Tuhan Yang Maha Esa. Disini, kita saling berbagi pengalaman bagaimana mengelola pemerintahan,” tukas Sumarsono.

Kota Tarakan, Wali Kota Manado ,Vicky Lumentut ,Rakernas APEKSI XIII, Rakernas APEKSI 2018, Indonesia City Expo 2018Sementara itu, Wali kota Vicky Lumentut mengatakan Rakernas APEKSI XIII di Tarakan ini akan membahas pula permintaan Presiden Joko Widodo saat pertemuan dengan para Wali kota di Istana Kepresidenan Bogor, Senin lalu.

“Sebelum Rakernas di Tarakan ini, kami telah diundang Preaiden Jokowi di Istana Bogor. Sehingga, dalam Rakernas kali ini, apa yang menjadi permintaan Pak Presiden akan dibahas disini. Salah satunya, permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi lokal di daerah,” tutur mantan Ketua APEKSI yang sekarang menjadi Ketua Dewan Pengawas APEKSI.

Selain diskusi panel, dalam Rakernas APEKSI XIII di Kota Tarakan juga akan dilaksanakan penanaman pohon khas 98 kota anggota APEKSI, pawai budaya, City Expo dan Ladies program.

Turut mendampingi Walikota Lumentut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Mikler Lakat SH MH dan Kabag Pemerintahan Humas Steven Runtuwene SSos.

Diketahui, kegiatan yang dihadiri 96 Wali kota dari 98 anggota APEKSI tersebut, membawa tema sentral penguatan kerja sama antar daerah dalam mengoptimalkan potensi daerah dan akan berlangsung 24-26 Juli 2018.(ryn)