Gubernur Sulut Tinjau Pembangunan Tol Manado-Bitung

Tol Manado-Bitung
Gubernur Olly Dondokambey bersama Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen, sejumlah pejabat Pemprov Sulut, dan perwakilan BPJN XV, di lokasi pembangunan jalan tol Manado-Bitung.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, meninjau proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung, Selasa (24/7/2018).

Proyek pembangunan jalan tol pertama di Sulut sepanjang 39,9 kilometer (km) ini, diperkirakan rampung tahun 2019 nanti.

Olly menjelaskan, pembangunan jalan tol Manado-Bitung ini dibagi menjadi dua tahap yakni, Seksi 1, Manado-Airmadidi dan Seksi 2, Airmadidi-Bitung.

Menurut dia, jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yakni dari 1,5 hingga 2 jam melalui jalur darat bisa menjadi 40 menit.

Foto 2
Proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung

“Jalan tol ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di kawasan Manado, Minahasa Utara, dan Bitung. Dimana akan menjadi jalan akses utama menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Pelabuhan Internasional Bitung,” terangnya.

Lanjut Olly, proyek jalan tol Manado-Bitung terus dikerjakan sesuai tahapan yang ada. Namun, masih ada kendala yakni pembebasan lahan yang ada di wilayah Bitung.

“Wilayah Bitung baru mencapai 65 persen. Dari titik nol sekira 7 kilometer sudah mencapai 99 persen. Untuk seksi 2 dan 1B sudah mencapai 96 persen. Untuk seksi 2A mencapai 98 persen. Jadi tinggal wilayah Bitung atau seksi 2B. Mudah-mudahan bulan Desember tahun ini tuntas,” ungkap Olly.

foto 3
Gubernur Sulut Olly Dondokambey, mendapat penjelasan dari perwakilan BPJN XV, ketika meninjau proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung.

Diketahui, pembangunan jalan tol Manado-Bitung merupakan proyek strategis nasional. Proyek ini merupakan upaya pemerintah meningkatkan konektivitas agar terjadi pemerataan pembangunan.

Turut hadir pada peninjauan itu, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen, sejumlah pejabat Pemprov Sulut, Bupati Minut Vonnie Panambunan, dan perwakilan BPJN XV. (advetorial)

foto 4
Proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung.