Warga Mitra Dihebohkan Penemuan Penyu Raksasa di Pesisir Pantai Posumain

Reporter : | 23 Jul, 2018 - 7:13 pm WITA

Penyu Raksasa, Pantai Posumain, Penyu Belimbing POSUMAIN, (manadotoda­y.co.id) – Masyarakat Posumain pada Minggu (22/7/2018) kemarin tepat pukul 20.00 wita, dihebohkan dengan penemuan Penyu Belimbing (Demorchelys Coriacea) yang hendak akan bertelur di daerah pesisir pantai Posumain.

Ini menjadi bukti bahwa sebagaimana informasi yang diperoleh, untuk wilayah Sulawesi, lokasi bertelurnya penyu Belimbing baru pertama kalinya di Pesisir Minahasa Tenggara.

Penyu Belimbing (dermochelys coriacea) yang ditemukan warga di pantai Desa Minanga Dua, Kecamatan Pusomaen telah dilepas liarkan.

Penyu ini berukuran panjang 2,5 meter dan lebar 1,25 meter, ditemukan oleh Marthen Ratuliu, warga Desa Minanga Tiga, Kecamatan Pusomaen, sekitar pukul 20.00 Wita. Penyu ini naik ke daratan, diperkirakan akan bertelur.

Pelepasliaran penyu ini dilaksanakan Senin, (23/7/2018) pukul 12.30 Wita oleh Camat Pusomaen Djemi Walukouw yang disaksikan Perwakilan Balai Pelestarian Sumber Data Pesisir dan Laut (BPSPL) Makasar Satker Manado, Dinas Kelautan dan Perikanan Minahasa Tenggara, Pos Pengawasan SDKP Belang, pemerintah Desa Minanga Dua dan Minanga Tiga.

“Jadi penemuan Penyu Belimbing ini oleh warga Minanga Tiga pada minggu kemarin, menjadi bukti bahwa Sulawesi Utara atau tepatnya di pesisir Kabupaten Mitra tempat bertelurnya para Penyu Belimbing,” tutur Camat Posumain Jemmy Walukow.

Dia menambahkan, karna hewan ini dilindungi maka Penyu Belimbing tersebut telah dilepas, disaksikan langsung oleh BPSPL makasar satker Manado, serta Dinas Kelautan dan Perikanan Mitra.

“Hewan Penyu Belimbing ini telah dilepas namun sebelum dilepasliarkan, tim BPSPL telah measang microchip agar bisa mengontrol pergerakan penyu belimbing ini,”tandasnya,(ten)­

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.