Tak Ikut Jalur Resmi, Robby Sumual: Ratusan TKI Asal Mitra Ilegal

Reporter : | 20 Jul, 2018 - 8:36 pm WITA

Disnaker Mitra, Robby Sumual , TRobby SumualKI ilegal, TKI mitra

Robby Sumual

RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mengakui adanya ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berstatus ilegal di luar negeri.

“Kalau TKI ilegal kami perkirakan ada ratusan orang. Kalau angka pastinya kami tidak tahu secara rinci,” kata Kepala Disnaker Mitra Robby Sumual, Selasa (17/7/2018).

Dia mengungkapkan, para TKI yang bekerja di luar negeri tersebut berangkat dan bekerja di luar negeri tanpa mengikuti jalur resmi.

“Kami memang sayangkan mereka bekerja di luar negeri tidak mengikuti jalur resmi. Meski pemerintah sudah siap memfasilitasi,” katanya.

Lebih lanjut kata Sumual, dari data yang ada dipihaknya, hanya 26 orang TKI asal Minahasa Tenggara yang bekerja secara resmi di luar negeri.

“Data kami memang hanya 26 orang yang bekerja di luar negeri dengan mengikuti jalur resmi,” tuturnya.

Dia menambahkan, para pekerja tersebut tersebar di sejumlah negara, seperti Malaysia, Taiwan, Singapura, Hongkong, dan Jepang.

Dia pun berharap para masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri dapat mengikuti jalur resmi yang diketahui oleh pemerintah.

“Kami menyarankan agar masyarakat yang ingin bekerja di luar mengikuti jalur resmi. Sehingga semua jaminannya jelas, dan jika terjadi masalah maka akan difasilitasi pemerintah,” tandasnya.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.