Tim LPPD Inspektorat dan BPK Sulut Kunjungi Pemkot Manado

LPPD Inspektorat ,BPK Sulut, Pemkot Manado, LPPD manado 2017MANADO, (manadotoday.co.id) – Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulut, mengunjungi Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Senin (16/07).

Tujuan kedatangan Tim LPPD Inspektorat Daerah Provinsi Sulut yang terdiri dari Dano Warouw SE MSi, Ronny Mangore, Tineke Longdong dan Janne Moray, untuk melaksanakan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2017 di Pemkot Manado.

Tim diterima oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Drs Rum Usulu, staf ahli Drs Herry Saptono dan Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Steven Runtuwene SSos.

Plt Sekda Kota Manado Drs Rum Usulu, pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa untuk memudahkan Tim LPPD melakukan pekerjaannya, sesuai arahan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, Perangkat Daerah diminta untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan selama delapan hari evaluasi, yakni tanggal 16-25 Juli 2018.

“LPPD ini merupakan indikator utama dalam menilai progress report keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan kita di Kota Manado. Sehingga, saya berharap kerjasama para kepala Perangkat Daerah untuk jemput bola dengan memberikan data dan dokumen yang diperlukan Tim LPPD dari Inspektorat Daerah Propinsi Sulut,” tutur Sekda Usulu.

Menurutnya, Pemkot Manado akan berupaya untuk memperbaiki LPPD tahun 2017 ini, agar hasil yang diperoleh dari penilaian ini akan berbuah reward bagi Kota Manado pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulut pada 23 September 2018 nanti.

“Semoga LPPD tahun 2017 yang akan diberikan reward saat HUT Propinsi Sulut 23 September nanti, kita bisa memperbaiki nilai dan meraih hasil terbaik minimal masuk lima besar. Kita semua berharap, LPPD kita terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun,” tandas Sekda Usulu.

Selama delapan hari, lanjut Sekda, Tim LPPD Inspektorat Provinsi Sulut akan turun ke semua Perangkat Daerah didampingi Inspektorat Manado dan Bagian Pemerintahan dan Humas Pemkot Manado.

“Kita dapat menyamakan persepsi khususnya para kepala Perangkat Daerah, agar membantu tim evaluasi LPPD dengan menyediakan sejumlah data dan dokumen yang dibutuhkan dalam penilaian LPPD tersebut, berhasil tidaknya dalam penilaian tersebut sangat ditentukan dari kerjasama Perangkat Daerah di Kota Manado,” pungkasnya.(ryn)