Pemkab Minahasa Gelar Musrenbang RPJMD Tahun 2018-2023

Reporter : | 02 Jul, 2018 - 10:53 pm WITA

Musrenbang RPJMD 2018, Bappelitbangda minahasaMANDOLANG, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Teknokratik, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Minahasa tahun 2018-2023, bertempat di Mercure Convention Hall Tateli, Kecamatan Mandolang, Senin (02/07/2018).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA, dan dihadiri Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Sekda Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi serta para Asisten Setdakab Minahasa, Ketua TP-PKK Minahasa Helly Grace Mewoh Pongoh, seluruh Kepala Satuan Perangkat Daerah (SKPD) se-Kabupaten Minahasa, stakeholder terkait serta tim penyusun dan para ahli.

Kepala Bappelitbangda Minahasa Drs Donald H Wagey MBA, dalam laporannya mengatakan Murenbang Teknokratik RPJMD Kabupaten Minahasa tahun 2018-2023 ini, dilaksanakan untuk membahas rancangan Teknokratik RPJMD Minahasa, bersama Tim Penysusun dan Perangkat Daerah, untuk memperoleh masukan dan saran sesuai tugas dan fungsi Perangkat Daerah.

“Materi yang dibahas dalam kegiatan ini yakni, Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Minahasa tahun 2018-2023. Musrenbang Teknokratik RPJMD Kabupaten Minahasa tahun 2018-2023 ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian pelaksanaan tahan perencanaan untuk penyusunan RPJMD 2018-2023, sesuai Permendagri RI nomor 86 tahun 2017. Musrenbang ini diharap dapat menghasilkan kesepakatan tentang rumusan yang dapat menjadi masukan,” kata Wagey.

Sementara itu, Pj Bupati Minahasa dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini penting dilakukan untuk merumuskan pembangunan Kabupaten Minahasa lima tahun kedepan, yang lebih terarah lagi.

“Musrenbang ini untuk merancang pembangunan daerah, merangkap pembangunan sumber daya manusia, dalam rangka menghadapi pembangunan kedepan, agar mengalami kemajuan. Untuk itu kami mengarapkan program-program yang nantinya disusun ini, benar-benar dapat direalisasikan masing-masing SKPD yang ada,” kata Mewoh.

Lanjutnya, RPJMD Minahasa 2018-2023 ini, tentunya akan juga disesuaikan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa terpilih periode 2018-2023, dan juga diselaraskan atau disinergikan dengan program nasional dan Provinsi Sulawesi Utara.

“Penyusunan RPJMD ini, selain diselaraskan dengan program Bupati dan Wakil Bupati terpilih, juga bersinergi antara program Pusat, Provinsi dan Kabupaten, sebab ada pula program-program yang tidak bisa dijangkau dengan anggaran daerah, tapi harus dibantu dengan anggaran Pusat maupun Provinsi,” papar Mewoh.(rom)

Baca Juga :

Leave a comment