Mahasiswa KKN UGM Work Shop Pengelolaan Pariwisata Pabum di Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gajah Mada (UGM) Kamis (28/6/2018) menggelar Work Shop Pengelolaan Pariwisata Panas Bumi (Pabum) di Rumah Dinas Wali Kota Tomohon.

Dosen Pembimbing Lapangan KKN PPM UGM Ir Pri Utami MSc PhD menjelaskan, tahun 2018 ini Kota Tomohon sudah keempat kalinya menjadi lokasi KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) UGM.

Menurutnya kegiatan ini untuk optimalisasi pemanfaatan potensi serta pengembangan pariwisata panas bumi di Kota Tomohon dan Sulawesi Utara umumnya.

‘’Bersama pihak Pemkot Tomohon tentu kami akan berusaha untuk mengembangkan kepariwisataan panas bumi, karena kami menilai bahwa pariwisata panas bumi yang sebagian ada di Kota Tomohon sangat berpotensi menjadi daya tarik tersendiri dalam menjadikan Kota Tomohon lebih dikenal dengan pariwisata panas bumi,’’ ujar Utami.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc MTh saat membuka kegiatan tersebut mengungkapkan adanya taman pendidikan panas bumi di kawasan Panas Bumi Lahendong sebagai sarana untuk menginspirasi masyarakat agar berinovasi mengembangkan ekonomi kreatif berbasis panas bumi, selain itu juga merupakan sebuah objek wisata yang unik dan mampu meningkatkan daya tarik sektor pariwisata di Kota Tomohon serta sebagai sarana pendidikan ataupun pusat penelitian sehingga dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan ketahanan energi melalui energi panas bumi.

‘’Kami berharap dapat melalui work shop ini bisa meningkatkan pengetahuan bagi kita semua mengenai pemanfaatan potensi panas bumi yang ada di Kota Tomohon sehingga bisa berdampak positif bagi sektor pariwisata, ketahanan energi, kelestarian alam, pendidikan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai penggerak sektor-sektor usaha seperti dunia usaha bidang pariwisata serta pendidikan,’’ tukas Lolowang. Hadir sebagai peserta perwakilan SKPD Pemkot Tomohon bersama unsur terkait lainnya. (ark)