Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemkab Mitra Siapkan Posko Mudik

Posko Mudik,  Dishub Mitra ,Bernard Mokosandib,
Bernard Mokosandib

RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Jelang Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Perhubungan (Dishub), telah menyiapkan posko mudik. Bahkan, pendirian posko mudik tersebut akan melibatkan unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk pelayanan bagi warga khususnya para pemudik, yang akan pulang ke kampung halaman.

Kepala Dishub Mitra Bernard Mokosandib, mengungkapkan posko mudik kali ini akan disiagakan sejak 7 hari sebelum perayaan Idul Fitri dan 7 hari setelahnya.

“Sekira dua minggu kita akan mengoperasikan posko mudik ini guna melayani masyarakat yang melakukan mudik maupun kegiatan lainnya,” tutur Mokosandib didampingi Kepala Bidang Darat Crets Bendah, baru-baru ini.

Posko mudik menurut Mokosandib, akan didirikan di pusat kota Ratahan.

“Pertimbangannya, Kota Ratahan adalah jalur transportasi utama para pemudik. Meski sampai saat ini, arus lalu lintas belum terlalu ramai. Diperkirakan, satu minggu sebelum perayaan Lebaran, sudah akan terlihat kepadatan arus lalu lintas,” jelas Mokosandib.

Lanjutnya, pihaknya juga melibatkan unsur TNI, Polri, bahkan lintas satuan kerja yang ada di Mitra termasuk Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Bukan itu saja, sejumlah satkter teknis lainnya akan dilibatkan termasuk juga Sat Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja). Kita akan bersinergi. Jadi bagi pemudik yang butuh istirahat dan ingin pelayanan kesehatan kami siapkan. Terpenting juga pelayanan konsultasi dan laporan kambtibmas selama bermudik,” tuturnya.

Sementara itu, sejumlah tokoh masyarakat memberikan apresiasi terkait langkah yang diambil pemerintah dalam memberikan kenyamanan kepada para pemudik.

“Ini tentu akan memberikan kemudahan bagi kami sebagai warga yang akan melaksanakan hari besar. Dan alangkah baiknya jika ada penunjuk-penunjuk jalan maupun informasi terkait kondisi lalu lintas agar dapat mempermudah para pemudik maupun warga yang berkunjung ke daerah Mitra,” kata Degi Agam warga Mitra. (ten)