Umat Katolik Rakyakan 150 Tahun Bertumbuh di Kevikepan Tomohon

Wali Kota Tomohon, Uskup manado, Uskup Emeritus dan Ketua Umum Panitia
Wali Kota Tomohon, Uskup manado, Uskup Emeritus dan Ketua Umum Panitia

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Umat Katolik yang ada di Kota Tomohon Selasa (29/5/2018) merayakan Yubileum 150 Tahun Gereja Katolik Bertumbuh Kembali di Keuskupan Manado tingkat Kevikepan Tomohon, bertempat di Gereja Katolik Bunda Hati Kudus Yesus Woloan.

Kurang lebih 15.000 umat dari 7 Paroki di Kevikepan Tomohon melakukan perjalanan ziarah yang dipusatkan di Gereja Bunda Hati Kudus Yesus Woloan, dilanjutkan dengan perayaan ekaristi dipimpin langsung Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC dan Uskup Emeritus Mgr Joseph Suatan MSC didampingi Vicarius Episcopalis Tomohon Pst Albertus Imbar Pr dan para pastor dari 7 Paroki di Kevikepan Tomohon.

Wali Kota, Uskup, Forkopimda dan pimpinan Umat Katolik se-Kevikepan Tomohon
Wali Kota, Uskup, Forkopimda dan pimpinan Umat Katolik se-Kevikepan Tomohon

Uskup Manado berharap Yubileum 150 Gereja Katolik Bertumbuh Kembali di Keuskupan Manado khususnya di tingkat Kevikepan Tomohon yang mengambil tema Betapa Mulia Nama-Mu, ya Tuhan diseluruh Bumi (Mazmur 8:10), dan sub tema Bersama Bunda Maria kita berjalan membawa terang bagi sesama, menjadi suatu refleksi bagi kita untuk menjadi pembawa damai dan dalam kerendahan hati menjadi pembawa kabar gembira bagi sesama.

Sementara Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menyampaikan bahwa gereja adalah wadah atau organisasi yang memiliki kharisma sorgawi untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi atau talenta umat sebagai suatu karunia yang dianugrahkan Tuhan, Gereja Katolik sudah hadir menjadi peletak dasar kekeristenan di Minahasa dan sekitarnya yang sekarang kita kenal dengan Keuskupan Manado sejak tahun 1563.

Umat Katolik Kevikepan Tomohon
Umat Katolik Kevikepan Tomohon

‘’Perayaan ini merupakan kesempatan yang baik untuk pembaharuan hidup bergereja dan menata kembali karya-karya pastoral Keuskupan Manado. Merayakan ucapan syukur saat ini harus diikuti dengan komitmen, tekad dan semangat untuk lebih meningkatkan kualitas iman dan pelayanan melalui kegiatan yang memberikan manfaat bagi seluruh umat,’’ kata Eman.

Ketua Umum Panitia Drs Gerardus Mogi mengatakan, kegiatan ini dihadiri umat katolik se-Kevikepan Tomohon. Mogi berharap, melalui kegiatan ini kerukunan antar umat beragama di Kota Tomohon tetap terjaga.

Apalagi Kota Tomohon telah dianugerahi penghargaan sebagai daerah yang memiliki tingkat kerukunan tertinggi di Indonesia berupa Harmony Award.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara Wenny Lumentut SE Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan,

Suster, Frater dan Bruder, Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Tomohon Pdt Simon Rawis STh MPdK, Pengurus Gerakan Pemuda Anzor Sulut diwakili Masjid Nurul Imam Kampung Jawa Tomohon Ustad Zamroni Khan, Sekretaris Umum Panitia Drs Ventje Karundeng, umat serta undangan dari denominasi Agama di Kota Tomohon. (ark)